Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Limbah Rumah Makan Mengkawatirkan

0

limbah-rumah-makan-mengkawatirkanPALEMBANG, jurnalsumatra.com – limbah rumah makan ditemukan mengeras disejumlah drainase yang berada ada di jalan Sudirman, untuk itu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Pengendalian Sumber Daya Air (BM-PSDA) Kota Palembang,akan menerapkan IPAL oleh setiap jenis usaha, termasuk rumah makan, untuk menghindari banjir akibat sumbatan drainase.

Kepala Dinas PU BM-PSDA Kota Palembang, Dharma Budhy mengungkapkan, beberapa kdrainase d kawasan Sudirman, banyak ditemukan beberapa gumpalan minyak yang mengeras, yang merupakan sisa limbah rumah makan. Akibatnya, beberapa drainase ini sering tersumbat dan jika intensitas hujan cukup tinggi, maka akan menimbulkan genangan air di beberapa titik di kawasan tersebut.

“Saat kami melakukan normalisasi drainse di kawasan Sudirman, banyak ditemukan gumpalan minyak dan sampah sisa makanan dari rumah makan, itulah kenapa dikawsan tersebut sering banjir. Melihat hal ini, kami akan melakukan koordinasi BLH,”katanya, Ahad (2/10).

Lebih lanjut disampaikan Budhi, melihat hal ini, akan ada pemeriksaan terhadap beberapa kawasan yang diketahui tidak memiliki IPAL, untuk melakukan pemeriksaan.Bahkan, pihaknya berencana akan melakukan kordinasindengan BLH dan Dinas Tata Kota (Distakot) untuk memberikan salah satu syarat izin pembangunan termasuk usaha untuk menyediakan IPAL.

“Itulah kenapa setiap jenis usaha memerlukan IPAL, termasuk kediaman pribadi. Karena, untuk menjaga stabiitas perairan, perlu ada perhatian khusus,oleh karena itu pihak rumah makan untuk tidak membuang limbah ke drainase,”tukasnya.(eka)