Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Destinasi Wisata Waduk Lebak Potensi Dikembangkan

0

    Lebak, jurnalsumatra.com – Destinasi wisata Waduk di Kabupaten Lebak, Banten, memiliki potensi dikembangkan untuk mendatangkan investor domestik hingga mancanegara sehingga dapat mendongkrak roda perekonomian daerah.
“Kami memiliki tiga Waduk yang bisa dikembangkan destinasi wisata, antara lain Waduk Palayangan, Waduk Cicinta dan Waduk Cilemer,” kata Kepala Bidang Waduk dan Sungai Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Lebak Jumono di Lebak, Senin.
Potensi destinasi wisata Waduk tersebut karena memiliki panorama alam yang indah disertai hembusan angin.
Selain itu, kata Jumono, juga sekitar lokasi Waduk terdapat kawasan hutan dengan pepohonan yang tinggi juga banyak aneka bunyi burung berkicau.
Apabila pengunjung mendatangi ketiga Waduk itu dipastikan bisa menikmati panorama alam tersebut, katanya.
Namun, lanjut Jumono, potensi ketiga Waduk tersebut hingga kini belum digali sebagai destinasi wisata oleh investor maupun pemerintah daerah.
“Kami berharap potensi Waduk itu bisa dikelola menjadi lokasi pariwisata sehingga bisa mendatangkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” katanya.

    Menurut dia, sebetulnya potensi destinasi wisata Sumber Daya Air di Lebak cukup banyak diantaranya daerah aliran sungai (DAS),sehingga bisa digunakan untuk wisata Arung Jeram.
Saat ini, DAS yang digunakan wisata Arung Jeram baru Sungai Ciberang saja di Kecamatan Lebak Gedong.
Potensi wisata SDA lainnya, kata dia, air terjun dan pemandian air panas yang jumlahnya mencapai puluhan dan bisa mendatangkan wisatawan domestik serta mancanegara.
Saat ini wisata air terjun dan pamandian air panas masih relatif kecil yang bisa dikelola menjadi objek wisata.
“Kami minta investor bisa mengelola objek wisata sumber daya air itu,” katanya.
Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan dan Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Iman Hidayat mengatakan pemerintah daerah tahun ini membangun destinasi wisata air terjun Cimunding di Kecamatan Gunungkencana karena bisa mendatangkan wisatawan lokasi hingga domestik.
Pengembangan destinasi wisata air terjun itu berdasarkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Rippda).
Selama ini, potensi wisata air cukup banyak dan belum digali secara optimal akibat keterbatasan anggaran tersebut.
“Kami berharap wisata air terjun di Kecamatan Gunungkencana bisa mendatangkan wsiatawan dari wilayah Banten, DKI Jakarta, Sukabumi, Bogor, dan Bandung,” katanya.(anjas)