TNI Pamerkan Alutsista Di Pusat Perbelanjaan

0

     Bengkulu, jurnalsumatra.com – Komando Resor Militer 041 Garuda Emas dan Pangkalan Angkatan Laut Bengkulu memamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di salah satu pusat perbelanjaan Kota Bengkulu dan terbuka untuk masyarakat umum.
Komandan Korem 041 Gamas Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad usai membuka pameran itu, Senin mengatakan pameran tersebut bertujuan mengenalkan alutsista yang dimiliki TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut di wilayah Bengkulu dalam rangka menyambut HUT TNI ke-71.
“Harapannya masyarakat bisa mengenal dan mengetahui alutsista yang digunakan TNI dan ini juga cara TNI lebih dekat dengan masyarakat untuk menguatkan manunggal TNI-rakyat,” kata Andi.

     Alutsista yang dipamerkan di pusat perbelanjaan itu menurut dia merupakan jenis persenjataan yang masih digunakan oleh TNI AD dan TNI AL untuk mempertahankan wilayah Bengkulu dan menjaga kedaulatan NKRI.
Beberapa jenis alutsista yang dipamerkan antara lain senjata ringan perorangan seperti pistol, senapan yang merupakan produksi dalam negeri. Berikutnya, senapan mesin berat, mortir dan berbagai jenis miniatur kapal perang.
“Alutsista yang dimiliki Bengkulu memang terbatas karena kita bertangggungjawab untuk pengamanan wilayah,” ucapnya.
Pameran yang berlangsung selama sepekan itu diharapkan dapat mengenalkan sedikit tentang dunia militer kepada masyarakat umum dengan tujuan dapat mempertebal kecintaan pada NKRI.
Salah seorang pengunjung pameran dari pelajar SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, Devi mengatakan pameran tersebut menambah pengetahuan dan wawasannya tentang dunia militer.
“Kita jadi tahu jenis senjata dan perlengkapan yang digunakan tentara untuk mengamankan wilayah kesatuan NKRI,” ucapnya.
Ratusan pelajar SMK Negeri 1 terlihat antusias untuk memeriksa dan menanyakan fungsi serta cara penggunaan alutsista kepada prajurit yang bertugas mengawasi pameran tersebut.(anjas)