Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Warga SUMSEL Diimbau Waspadai Banjir Dan Longsor      

0

Palembang, jurnalsumatra.com – Warga Provinsi Sumatera Selatan diimbau mewaspadai kemungkinan terjadi banjir dan tanah longsor, menyusul hujan ringan hingga sedang sering mengguyur wilayah yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini.
“Hujan yang mengguyur sejumlah daerah di Sumsel sebulan terakhir diprediksi pada Oktober 2016 ini akan lebih sering terjadi dengan curah hujan hingga 400 milimeter, sehingga perlu diwaspadai kemungkinan terjadi banjir dan tanah longsor,” kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Sumsel Belam Karmuda, di Palembang, Sabtu.
Dia menjelaskan, kondisi cuaca pada 2016 ini lebih banyak hujan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, akibat pengaruh musim kemarau tahun ini tergolong kemarau basah.
Bulan-bulan yang normalnya memasuki kemarau, dalam kondisi sekarang ini sering turun hujan, sehingga kemungkinan terjadi banjir dan tanah longsor cukup besar, katanya pula.
Menurutnya, untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana alam itu, pihaknya menyiagakan 800 Taruna Siaga Bencana yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota dalam wilayah provinsi ini.
Dia menyebutkan, potensi banjir dapat terjadi di Kota Palembang, dan daerah lain di sekitar aliran sungai, seperti Muaraenim, Empat Lawang, Musirawas, Lahat, Musirawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Ogan Ilir.
Sedangkan bencana tanah longsor berpotensi terjadi di bagian barat Sumatera Selatan, yakni Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musirawas, Ogan Komering Ulu Selatan, serta sebagian Ogan Komering Ulu dan Muaraenim,
Perlu kewaspadaan yang tinggi, sehingga diharapkan masyarakat yang berada di daerah rawan banjir dan tanah longsor dapat melakukan berbagai langkah antisipasi agar terhindar dari kerugian harta benda dan jiwa, kata dia pula.(anjas)