Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


71 Paskibraka Diminta Jadi Teladan Pemuda KALTENG

0

Palangka Raya, jurnalsumatra.com- Penjabat Gubernur Kalimantan Tengah Hadi Prabowo meminta 71 anggota pasukan pengibar bendera dapat menjadi teladan bagi pemuda di wilayah setempat.
Berbagai pelatihan maupun wawasan yang didapat saat seleksi dan latihan paskibraka harus tetap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, kata Hadi saat bertatap muka dengan 71 anggota Paskibraka Kalteng di Palangka Raya, Selasa.
“Jangan setelah selesai jadi anggota Paskibraka, kembali ke watak semula. Disiplin saat paskibraka harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Harus bisa jadi teladan bagi pemuda di provinsi ini,” ucapnya.
Penjabat Gubernur Kalteng itu menyebut pelajar yang menjadi anggota paskibraka saat memeringati kemerdekaan Indonesia, merupakan orang pilihan dan patut berbangga. Hanya, keterpilihan tersebut memiliki konsekuensi dalam kehidupan sehari-hari.
“Konsekuensinya ya harus bisa jadi teladan. Kan banyak itu didapat dari para intrukstur bagaimana baris berbaris, disiplin hingga wawasan kebangsaan. Itu harus diterapkan di kehidupan nyata, bukan hanya saat menjadi anggota paskibraka,” kata Hadi.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng Suyanto mengatakan, sebelum mengibarkan bendera merah putih 17 agustus 2015, 71 anggota paskibraka utusan kabupaten/kota tersebut dilatih para instruktur yang berasal dari TNI, Polri dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) maupun pihak lainnya.
Dia mengatakan, selama menjalani latihan, para calon anggota Paskibraka tersebut ditampung di “Desa Bahagia” yang dipusatkan di Asrama Bapelkes, Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya.
Selama di “Desa Bahagia”, anggota Paskibraka tidak hanya menjalani latihan baris berbaris, tapi juga teori tentang kebijakan Pemprov Kalteng dalam pembangunan bidang kepemudaan.
“Anggota Paskibraka juga wawasan nusantara dan jiwa nasionalisme pemuda Indonesia untuk tetap tegaknya NKRI, serta arti dan makna Bendera Pusaka dan lagu kebangsaan Indonesia Raya,” demikian Suyanto.(anjas)