Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Bupati Pegunungan Bintang Komitmen Atasi Masalah Kesehatan      

0

Jayapura,jurnalsumatra.com – Bupati Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Costan Oktemka dan wakilnya Decky Deal berkomitmen mendorong pembangunan kesehatan di Kabupaten Pegunungan Bintang selama memimpin kabupaten itu.
Hal ini dikemukakan Kepala Bagian Humas Kabupaten Pegunungan Bintang Geradus Adi kepada Unit percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) yang melakukan monitoring saat berada di Jayapura, Sabtu.
Geradus mengemukakan pada masa kepemimpinan Bupati Pegunungan Bintang Costan Oktemka,SIP dan Decky Deal SIP berkomitmen mendorong pembangunan kesehatan di Kabupaten Pegunungan Bintang periode 2016 sampai 2021.
“Untuk mewujudkan Visi dan Misi Bupati Pegunungan Bintang  dan Wakilnya telah menyusun program gerakan membangun kampung di antaranya pada sektor kesehatan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan dikampung yaitu program “Wajib Hidup sehat” dari masyarakat sendiri,” ujarnya.
Lanjut dia, program itu dimana masyarakat bisa menghasilkan obat żobatan alami atau tradisional di kampung, mengajar masyarakat untuk wajib makan makanan sehat dengan cara membuat apotik hidup di samping atau di sekeliling rumah mereka.
Selain itu, kata dia, menyediakan rumah sehat, air bersih, jamban sehat dan posyandu terpadu bagi kampung itu sendiri.
Ia menambahkan, hal ini merupakan alternatif utama untuk bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pegunungan Bintang serta untuk menekan angka kematian Ibu dan Anak maupun orang dewasa serta gizi buruk yang masih tinggi  mengingat kesehatan merupakan salah satu indikator untuk menilai indeks pembangunan manusia.
“Selain itu, untuk layanan kesehatan tingkat dasar atau puskesmas, kami mempunyai 31 Puskesmas hanya tiga saja yang dapat dijangkau dengan jalan darat sisanya mengunakan pesawat untuk menjawab keterisolasian wilayah dan kekurangan tenaga kesehatan di Kabupaten Pegunungan Bintang,” ujarnya.(anjas)