Manado Jadi Percontohan Rastra Elektronik 2017

0

    Manado, jurnalsumatra.com – Kota Manado, Sulawesi Utara menjadi percontohan untuk pemberlakuan beras sejahtera (Rastra) elektronik, mulai 2017.
“Manado akan menjadi percontohan untuk pemberlakuan Rastra elektronik bersama 43 kota/kabupaten lainnya di Indonesia,” kata Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kota Manado, Charles Rotinsulu, Selasa.
Rotinsulu mengatakan, dalam pembelian Rastra elektronik pembeliannya tidak lagi menggunakan uang sebagai alat pembayar, cukup menggunakan kartu yang nantinya akan diterbitkan oleh pemerintah.
Dengan cara tersebut kata Rotinsulu, diharapkan mengurangi keluhan dan masalah terkait pembagian rastra yang selama ini masih tetap terdengar.

     Sebab menurut Rotinsulu, selama ini meskipun pemerintah sudah berusaha melakukan cara yang benar, dalam penyaluran rastra, tetap saja ada yang mengeluhkan jumlahnya atau penerima yang tidak pantas mendapatkannya.
“Dengan adanya Rastra elektronik bisa menghilangkan hal tersebut dan pemerintah tinggal membantu menyampaikan ke Bulog dan menyalurkannya, warga penerima tinggal membawa kartu saja,” katanya.
Meski demikian dia mengatakan, caranya nanti baru akan disampaikan secara rinci tahun depan, sebab sekarang baru disampaikan mengenai hal tersebut yakni Manado menjadi salah satu percontohan atau “pilot project” bersama kabupaten dan kota lainnya.
Dia mengatakan, untuk para penerimanya nanti kemungkinan akan berubah, karena akan ada perubahan data penerima sebab BPS akan melakukan survey kembali, jika ada yang tingkat kehidupannya sudah berubah maka tidak akan menjadi penerima Rastra lagi.
Di Manado, untuk tahun ini, kata Rotinsulu, penerima Rastra adalah sebanyak 16.067 kepala keluarga, yang tersebar di 11 kecamatan dan 87 kelurahan.(anjas)

Share.