Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pariaman Latih 30 Nelayan Pembuatan Jaring Gillnet

0

   Pariaman, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, telah melatih sebanyak 30 nelayan tentang cara pembuatan jaring “gillnet” selama 2016.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pariaman Dasril, Selasa, mengatakan pelatihan tersebut dilakukan dan bekerja sama dengan Balai Pengembangan Penangkapan Ikan (BPPI) Kota Medan.
“Pelatihan dilaksanakan selama lima hari, empat hari di darat untuk pembuatan jaring gillnet, dan satu hari cara pengoperasian di laut bebas,” kata dia.
Pemerintah setempat menargetkan pelatihan dan operasional jaring gillnet tersebut diberikan kepada 50 nelayan setempat hingga akhir 2016.
Sebanyak 30 nelayan yang telah dilatih tersebut berasal dari tiga kecamatan berbeda, yaitu Kecamatan Pariaman Utara, Kecamatan Pariaman Tengah dan Kecamatan Pariaman Selatan.
Ia menyebutkan pelatihan yang dilakukan pada Juli 2016 tersebut akan dipantau dan dievaluasi langsung oleh Balai Pengembangan Penangkapan Ikan.

    “Tiga bulan setelah pelatihan diberikan, para nelayan akan dievaluasi langsung sejauh mana tingkat keberhasilan mereka dalam mengoperasikan jaring gillnet,” jelasnya.
Setelah dilakukan evaluasi dan pengujian, para nelayan diberikan sertifikat kelulusan yang berguna untuk memperoleh lapangan pekerjaan ke luar daerah.
“Para nelayan yang memiliki kemampuan tersebut bisa bekerja ke luar daerah dengan bermodalkan keahlian dan sertifikat yang diberikan,” ujarnya.
Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Pariaman Mulyadi mengatakan pelatihan yang diberikan kepada nelayan tersebut harus diawasi dan dikontrol secara berkelanjutan.
Ia menilai pemberian latihan yang diberikan kepada nelayan akan berdampak pada peningkatan tangkapan ikan dan ekonomi masyarakat pesisir.
Terkait penyedian lapangan pekerjaan kepada nelayan yang memiliki sertifikat, DPRD akan berupaya mencarikan perusahaan yang membutuhkan keahlian tersebut.(anjas)