Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Pemkab Kupang Dukung Swasembada Pangan

0

     Oelamasi, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, mendukung upaya swasembada pangan dengan menempatkan tenaga penyuluh pertanian di desa yang bertugas memotivasi petani dalam memperluas areal persawahan.
“Pemerintah Kabupaten Kupang sangat komitmen untuk mendorong swasembada pangan di daerah ini untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera,” kata Bupati Kupang Ayub Titu Eki di Oelamasi, Rabu.
Swasembada pangan merupakan Program Nawacita Presiden Joko Widodo yang harus didukung pemerintah daerah dengan mengerahkan semua potensi untuk mewujudkan swasembada pangan, termasuk di Kabupaten Kupang.
Ayub Titu Eki mengatakan peran penting tenaga penyuluh pertanian melalui kerja keras dalam pendampingan kelompok petani. Hasil panen padi oleh petani di daerah setempat selama dua tahun (2015-2016) menunjukkan peningakatn produksi.

     “Peran tenaga penyuluh dalam memotivasi petani di daerah ini sangat penting. Sebagai kepala daerah mengucapkan terima kasih atas kerja keras tenaga penyuluh di Kabupaten Kupang yang selalu mendampingi petani,” katanya.
Ia mengatakan produksi padi pada 2012 hanya 4-5 ton per hektare, namun dengan kerja keras para penyuluh dalam melakukan pendampingan terhadap 1.028 kelompok petani di Kabupaten Kupang, akhirnya mampu meningkatkan produksi padi sebesar 10-12 ton/haktare.
Meningkatnya produksi pangan tersebut, katanya, karena keseriusan pemerintah untuk membangun sektor pertanian demi mewujudkan swasembada pangan, seperti diinginkan Presiden Joko Widodo.
Menurut dia, masyarakat Kabupaten Kupang tidak pernah mengalami kelaparan karena produksi pangan melimpah.
“Pemerintah akan memperbaiki jaringan infrastruktur irigasi, pembangunan embung untuk mengairi areal persawahan milik masyarakat,” katanya.
Ia optimistis penempatan tenaga penyuluh pertanian di desa akan mampu meningkatkan produksi pangan di Kabupaten Kupang pada masa mendatang.(anjas)