Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


PEMKOT Palembang undang KPK tingkatkan integritas

0

Palembang ,jurnalsumatra.com- Pemerintah Kota Palembang mengundang perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk memberikan pelatihan ke kalangan pejabat setempat untuk meningkatkan integritas sebagai aparatur negara.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan pelatihan selama tiga hari, 3-5 Oktober ini sangat bermanfaat karena sejatinya pejabat juga manusia biasa yang harus terus diingatkan mengenai tugas, kewajiban, dan kewenangannya.

“Sudah kodrat manusia suka lupa, jadi harus terus diingatkan. Melalui pelatihan ini diharapkan muncul tunas-tunas baru penjaga integritas bagi bangsa,” kata dia.

Ia mengatakan pejabat itu sejatinya merupakan pelayan masyarakat sehingga dalam bekerja diharapkan profesional dan menghindari sikap KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).

“Pejabat itu merupakan contoh juga di masyarakat, jadi sangat diingatkan untuk menghindari suap dan sejenisnya. Layanilah masyarakat dengan sepenuh hati, jujur, dan berintegritas,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda yang sekaligus menjadi peserta mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat baginya, apalagi baru saja mengemban tugas sebagai wakil wali kota.

“Saya merasakan sendiri, sangat banyak manfaat, dapat menjadi semangat baru bagi seluruh peserta untuk menjalankan tugas sebagai abdi negara, terlebih lagi di sini sangat ditekankan soal spiritual, bahwa meski tidak ada yang melihat tapi Tuhan melihat apa yang diperbuat,” kata dia.

Pelatihan tunas integritas ini sejak tiga tahun terakhir secara rutin dilakukan di lingkungan Pemkot Palembang dengan mengundang perwakilan KPK yang diikuti pejabat eselon eksekutif, para pimpinan DPRD Kota Palembang mulai dari pimpinan, ketua fraksi, dan ketua-ketua komisi.

Menurut Fitrianti, narasumber dari KPK sangat dibutuhkan karena terkadang masih banyak pejabat daerah yang tidak mengerti mengenai apa saja yang dilarang dalam menjalankan tugasnya, seperti mengenai gratifikasi dan lainnya.(anjas)