Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Lebar Jalan PPKR Desa Pulau Rajak Disoal Warga

0

rapat-desaBANYUASIN, Sumsel, jurnalsumatra.com – Rapat pembahasan persoalan pembagunan jalan Proyek Pertanian Karet Rakyat (PPKR) di Desa Pulau Rajak Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumsel yang dikeluhkan warga dari pembangunan pada tahun 1988-1989 lebar 6 meter sekarang menjadi 4 meter.

“Pembagunan jalan sekaligus parit oleh pemerintah desa baik mengunakan dana Desa dan DID dinilai sudah mengenyampingkan kesepakatan pelebaran jalan pada saat digarap yang lebarnya 6 meter sekarang dibangun 4 meter,”kata Jailani (76) tokoh masyarakat se tempat kepada sejumlah awak media usai rapat mediasi di Kator Desa Pulau Rajak, Rabu (5/10) 016.

Hadir Perwakilan Inspektorat, Kepala Desa Pulau Rajak, BPD, Tomas dan lebih kurang hadir 50  warga se tempat.

“Saya tau persis karena saya ikut memborong saat pengarahan dan pencabutan akar batang pohon,” katanya.

Kades Pulau Rajak, Sukma Yadi, menilai apa yang menjadi keluhan warga dan sekaligus laporan mereka tidak beralasan, karena ketika digarap memang benar 6 meter tetapi itu termasuk bahu jalan dipergunakan sebagai tempat unggukan tanah,  sedangkan jalan yang dikeruk hanya empat meter.

“Jadi 4 meter lebar jalan yang kami bangun sekarang mengikuti garapan awal, namun kalau memang segelintir warga yang merasa tidak puas bisa menunjukan surat yang menguatkan jalan hibah dari warga untuk jalan lebarnya 6 meter, “tegas dia.

Sementara perwakilan  Inspektorat Salman Zaki Selaku Auditor, pertemuan hari ini yang dihadiri sejumlah perangkat desa dan warga se tempat merupakan memediasi atas adanya laporan warga yang mengeluhkan ada penyempitan jalan dari 6 menjadi 4 meter. Namun untuk membuktikan jalan tersebut 6 meter berbagai saksi dan data surat akan di minta untuk menemukan penyelesaian.

“Rapat tadi belum bisa diputuskan karena harus ada bukti tertulis mengenai lebar jalan sebenarnya, beberapa saksi yang mengetahui dan memiliki berkas akan kami undang untuk pertemuan di Inspektorat Kabupaten Banyuasin,” katanya.(lubis)