Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Herman Deru Hadiri Peringatan Tahun Baru Hijriyah

0

herman-deru-1Banyuasin, jurnalsumatra.com- Tokoh Sumatera Selatan H. Herman Deru menghadiri puncak perayaan Tahun Baru Hijriah dan santunan anak yatim. Acara ini dilaksanakan DKM Baitul Jannah Lingkungan 2 RW 04/20 Jl. Kelurahan Sukomuro, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Kamis (6/9/2016).

Dalam sambutannya, Herman Deru menyampaikan bahwa perayaan tahun baru islam, “di Indonesia adalah merupakan perpaduan budaya Islam dan Nusantara. Karenanya, bentuk peringatannya mengakar di kalangan masyarakat Islam Indonesia,” ujarnya.

“Meski begitu, perayaan Tahun Baru Islam bisa terasa hampa maknanya kalau semata-mata sebagai warisan turun-temurun yang biasa terjadi. Oleh karena itu, umat Islam perlu menengok sejarah masa lampau yang melatarbelakangi peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw,” tambah Deru dalam sambutannya.

Pada masa Kekhalifahan Umarlah awal penanggalan islam dihitung, yaitu sejak Rasulullah hijrah dari Makah ke Kota Yastrib yang sekarang dikenal dengan Kota Madinah.

“jadikan peringatan tahun baru hijriah ini sebagai momentum perubahan untuk menjadi lebih baik, berhentilah menghakimi masa lalu, lebih baik bersatu melangkah maju, untuk masa depan yang lebih pasti,” tandas Deru.

Herman Deru yang juga Bakal Calon Gubernur Sumatera Selatan juga menyampaikan tahun baru islam hijriyah dalam tradisi kita juga dikenal dengan tradisi menyambut muharram, “esensi dari spirit Muharram adalah pengendalian diri demi terciptanya kedamaian dan ketentraman hidup, baik fisik, sosial, maupun spiritual. karena itu, di bulan Muharram Nabi Muhammad saw menganjurkan ummatnya untuk berpuasa sunnah ‘Asyuro yaitu puasa pada hari kesepuluh di bulan Muharram,” Ujar Deru.

Dalam kesempatan tersebut Herman Deru juga menyampaikan bahwa insyaallah jika dirinya kelak menjabat sebagai Gubernur akan melestarikan budaya yang sudah sangat mengakar di masyarakat ini. “akan meriahkan setiap peringatan tahun baru hijriah, pasti bisa, kalau ada kemauan dari kita,” tutupnya.(katib)