Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Kemenhan Berikan Hak Kelola Vastenburg Ke Pemkot

0

    Solo, jurnalsumatra.com – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mengabulkan permintaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk mengelola Benteng Vastenburg di  Solo, kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.
“Ya, sekarang tinggal menunggu penyerahan kunci bangunan Benteng  Vastenburg dari Kemenhan ke pemkot, dan kami diberikan pengelolaan dan perawatan bangunan benteng tersebut,” kata Hadi Rudyatmo di Solo, Jumat.
Ia mengatakan bangunan Vastenburg tercatat memang sebagai aset Kemenhan.
Dengan nanti diambilalihnya pengelolaan bangunan Benteng Vastenburg oleh pemkot, lanjutnya, maka langkah untuk mengakuisisi seluruh kawasan tersebut semakin terbuka.
Wali kota yang akrab di panggil Rudy mengakui, jika selama ini pemkot kesulitan untuk mengakuisisi seluruh kawasan Benteng Vasteburg.
Di samping persoalan anggaran, adanya beberapa kepemilikan lahan di sana juga menjadi kendala utama dalam langkah akuisisi Benteng Vastenburg.
Ia mengatakan sejauh ini pemkot tidak main-main untuk mengakuisisi kawasan Benteng Vastenburg.

     Menurutnya, kawasan cagar budaya yang kini telah berpindah tangan ke perseorangan harus diambil alih pemerintah.
Namun, dana yang dibutuhkan untuk akuisisi kawasan Benteng Vastenburg cukup besar.
“Ya, karena itu kami minta bantuan pusat untuk mengakuisisi Benteng Vastenburg,” kata Rudy sambil menambahkan, lahan Benteng Vastenburg seluas 56.788 meter persegi terbagi dalam sembilan persil.
Yaitu, atas nama PT. Benteng Perkasa Utama (3 persil), PT. Benteng Gapura Tama (3 persil), satu persil dimiliki Bank Danamon, dan dua persil dimiliki perseorangan.
Ia mengatakan, untuk hak guna bangunan (HGB) nomor 606 dan 607 di kawasan Benteng Vastenburg pada 2002  telah diperpanjang dengan masa berlaku selama 30 tahun atau sampai 2032.
Adapun dua HGB ini dimiliki oleh satu orang dengan luasan masing-masing 3.673 meter persegi dan 3.348 meter persegi.
“Nah, nanti kalau bangunan kami kelola sendiri, baru selanjutnya melangkah untuk mengakusisi lahan yang kini dimiliki perseorangan,” katanya.
Rudy berencana menyulap parit di sekeliling Benteng Vastenburg menjadi wisata air ala Kota Venezia, Italia.
Tahap awal akan memfungsikan parit sebagai embung lewat pembuatan gorong-gorong, sehingga Benteng Vasteburg bisa menjadi ikon wisata baru di Kota Solo.(anjas)