Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


BMKG: Musim Hujan Di NTT Berlangsung November      

0

Kupang, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Lasiana Kupang, Apolinaris Geru mengatakan, musim hujan di Nusa Tenggara Timur diperkirakan akan berlangsung pada November 2016.
“Perkiraan musim untuk musim hujan 2016/2017, akan terjadi pada awal musim hujan secara umum di bulan November,” kata Apolinaris Geru kepada Antara di Kupang, Jumat, terkait perkiraan musim hujan 2016/2017.
Walaupun demikian, menurut dia, musim hujan sudah dirasakan sejak September 2016 di beberapa daerah di NTT.
Namun, kata dia, secara kriteria atau klimatologis, NTT masih dalam masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan.
“NTT saat ini belum masuk awal musim hujan kecuali Kabupaten Manggarai Tengah. Musim hujan stabil yang terjadi di Kota Kupang diprediksikan akhir November 2016,” katanya.
Saat ini kata dia, hujan bersifat lokal, sporadis dan tidak merata. Misalnya di Oesapa dan Maulafa, Kupang, tidak hujan dan lainnya.
Sementara, curah hujan umumnya di bawah 100 mili meter per bulan.
Namun pada akhir November 2016, curah hujan mencapai rata-rata 150 mili meter atau satu dasarian curah hujan mencapai lebih 50 mili meter baru dikategorikan musim hujan, kata Kepala Stasiun Klimatogi Lasiana, Apolineris Geru menjelaskan.
Mengenai pengetahuan petani, dia mengatakan, pengetahuan masyarakat tentang iklim masih sangat minim, sehingga terjadi gagal panen.
“Ketika anomali iklim, petani dan masyarakat belum mengetahui sehingga terjadi gagal panen,” katanya.
Dalam hubungan dengan itu, BMKG memberikan informasi cuaca atau iklim kepada Kementerian Pertanian untuk mengatur pola tanam.
BMKG juga membimbing para Babinsa agar mampu menterjemahkan informasi iklim pada petani,” katanya.(anjas)