Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Palangka Raya Evaluasi Pendidikan Terkait Bela Negara      

0

Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah akan mengevaluasi sistem pendidikan terkait pemberian pemahaman bela negara yang diberikan pengajar terhadap siswa.
“Kita akan evaluasi komitmen sekolah dan guru terhadap siswanya tentang seberapa jauh pemahaman bela negara yang telah diberikan,” kata Wakil Wali Kota Mofit Saptono Subagio di Palangka Raya, Senin.
Evaluasi tersebut dilakukan pihaknya dalam rangka memastikan para siswa sebagai calon penerus bangsa agar tidak melupakan sejarah perjalanan bangsa.
“Selain itu juga sebagai upaya memberikan bekal siswa agar mampu menjadi pemimpin bangsa menuju kemakmuran dan kesuksesan ditengah persaingan global, namun dengan tidak meninggalkan akar budayanya,” katanya.
Dia meminta para pendidik memberikan pemahaman terhadap siswa tentang arti penting mengenal sejarah perjalanan bangsa, mengenal budaya asli dan melestarikannya.
“Guru sejarah, guru pendidikan kewarganegaraan dan yang lainnya harus mampu menanamkan nilai-nilai penting bela negara. Dengan begitu, meskipun kita hidup ditengah kemajuan zaman dan persaingan global, budaya asli Indonesia tetap menjadi tuan rumah dinegaranya,” katanya.
Pria yang bergelar doktor ini juga pernah mengungkapkan jika saat ini upaya pihak asing untuk melemahkan bangsa Indonesia telah dimulai.
Menurut dia, pelemahan tersebut tidak lagi dilakukan dengan menjajah mengangkat senjata melainkan menggantinya dengan mengikis moral dan kepedulian generasi muda terhadap sejarah dan budaya asli bangsa.
Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota, Barit Rayanto pun menyatakan keprihatinannya terhadap keadaan generasi muda.
“Saat ini ada siswa SMA yang tidak bisa menyebutkan nama pahlawan nasional, tidak hafal UUD bahkan Pancasila. Tetapi ketika ditanya siapa artis Korea misalnya, mereka paham betul. Inilah bentuk penjajahan yang dilakukan kepada generasi muda kita saat ini,” katanya.(anjas)