Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PEMKOT Padang Harusnya Sampaikan Kembali Pembentukan Perumda      

0

Padang, jurnalsumatra.com  – Anggota Komisi I DPRD Kota Padang, Sumbar, Faisal Nasir menegaskan pemerintah harusnya menyampaikan kembali pembentukan Perumda pada DPRD setempat sebelum melakukan seleksi Direksi dan Dewan Pengawas perusahaan itu.
“Harusnya beri tahu atau sampaikan kepada DPRD lagi, karena acuan Peraturan Daerah (Perda) pembentukan perusahaan daerah itu ialah tahun 2014,” kata dia di Padang, Jumat.
Kepentingan disampaikan kembali pada DPRD Padang itu, menurutnya, disebabkan Perda yang menjadi acuan yakni nomor 10 tahun 2014 tentang Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri yang kemungkinan disetujui oleh anggota dewan periode sebelumnya.
“Kami kan pelantikan Agustus 2014, jadi tidak tahu terkait Perda tersebut. Jadi walaupun sudah ada Perdanya, setidaknya beri tahu kembali,” katanya.
Hal diperlukan karena penting pula untuk mengetahui apa saja kegiatan Perumda tersebut termasuk kegiatan, lokasi kantor, modal usaha atau sumber dana dan saham serta bidang-bidang usaha dari perusahaan tersebut nantinya.
Secara umum, ia menyayangkan tidak adanya bentuk komunikasi antara pemerintah kota dengan DPRD terkait hal itu, termasuk secara tiba-tiba telah dilakukan seleksi Direksi dan Dewan Direksi.
Apalagi perusahaan yang akan dibentuk di Kota Padang itu merupakan suatu induk serta menggunakan modal negara.
“Tentu nanti ada pertangggungjawabnya karena dikelola dengan uang negara,” teganya.
Menurutnya, jangan sampai nantinya terjadi upaya mencari keuntungan untuk pihak atau kelompok tertentu saja dan bisa berakibat pada pengelolaan yang tidak maksimal.
Sementara Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Padang Edy Darma menyampaikan pembentukan Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri yang saat ini pada tahapan seleksi Direksi dan Dewan Pengawas untuk periode 2016 hingga 2020 itu sudah mengacu pada Perda Kota Padang nomor 10 tahun 2014.
“Ini sudah sesuai dengan Perda, termasuk di dalamnya sudah dijelaskan dasar pembentukan, tujuan serta bidang usaha dari Perumda tersebut,” ujarnya.
Secara umum, ia menyampaikan beberapa tahapan-tahapan seleksi akan dilaksanakan hingga akhir 2016 sehingga Perumda sudah dapat beroperasional pada 2017.(anjas)