Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Perjalanan Garuda Indonesia Menjadi Maskapai Kelas Dunia

0

garudaPadang, jurnalsumatra.com – Maskapai penerbangan terbaik Indonesia Pastilah hampir semua orang berkata Garuda Indonesia. Maskapai yang akan menginjak usia 66 tahun pada 2015 ini memang menyimpan banyak cerita yang menjadi inspirasi. Maskapai inilah yang merupakan perusahaan penerbangan pertama di Indonesia dan menjadi salah satu saksi Indonesia mempertahankan kemerdekaan pasca proklamasi dulu.

Garuda Indonesia siap menjadi rekan terbang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Maskapai ini membuka rute penerbangan hingga ke 76 destinasi (40 destinasi domestik dan 36 destinasi internasional).

Anda pun pasti tertarik untuk menikmati layanan berkelas khas Garuda Indonesia. Sebelum Anda melakukan booking tiket Garuda Indonesia untuk penerbangan selanjutnya, mari simak sejenak perjalanan maskapai ini dari titik awalnya hingga menjadi berkelas dunia seperti sekarang.

Garuda Indonesia lahir pada 5 tahun setelah kemerdekaan RI, tepatnya tanggal 26 Januari 1949. Kelahiran tersebut ditandai dengan penerbangan komersil pertama pesawat DC-3 (nomor registrasi RI 001) rute Kalkuta – Rangoon. Saat itu, maskapai cikal bakal ini masih bernama Indonesia Airways.

Memasuki 28 Desember 1949 barulah nama Garuda Indonesia Airways dipatenkan menjadi nama maskapai kebanggaan Indonesia ini. Penamaan tersebut dibarengi dengan penerbangan perdananya dengan nama “Garuda”, mengantarkan Bung Karno dari Yogyakarta menuju Jakarta untuk pelantikan diri putra fajar itu menjadi presiden Republik Indonesia Serikat.

Nama “Garuda” merupakan pemberian Bung Karno. Nama itu diambil dari kisah pewayangan. Nama tersebut muncul dari mulut Bung Karno lewat kutipan sajak seorang pujangga terkenal era kolonial; Raden Mas Noto Soeroto, yang bunyinya “Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden (Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi di atas kepulauanmu)”. Itulah filosofi yang melambangkan kegagahan maskapai ini.

Tahun 1950, Garuda Indonesia diresmikan sebagai perusahaan negara. Enam tahun setelahnya, maskapai ini mulai melayani penerbangan jamaah haji ke Mekkah. Penerbangan internasional mulai dilayani pada tahun 1965, dengan tujuan benua Eropa, dan perhentian terakhirnya Amsterdam.

Pada kelanjutannya, perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia ini terus melakukan pembenahan. Selama tahun 1970 -1980, Garuda Indonesia Airways di bawah kepemimpinan Wiweko Soepono memperluas jaringan destinasinya hingga ke Asia, Eropa, dan Australia. Pada periode tersebut pula, Garuda Indonesia Airways diakui sebagai maskapai terbesar ke 2 se-Asia setelah Japan Airlines.

Tahun 1985, maskapai ini melakukan rebranding seiring dengan perpindahan tongkat kepemimpinan perusahaan ke R.A.J Lumenta. Tahun tersebutlah nama Garuda Indonesia (tanpa Airways) digunakan hingga sekarang. Pangkalan utamanya juga dipindah ke Soekarno Hatta (sebelumnya di Bandara Kemayoran dan Halim Perdanakusuma). Sepanjang tahun 1980-1990, Garuda Indonesia menggenjot timnya untuk bisa mendatangkan pelayanan terbaik dengan mendirikan Garuda Indonesia Training Center.

Sempat mengalami keterpurukan pada dekade 1990-2000an akibat kecelakaan beruntun, krisis finansial Asia, dan beberapa bencana Alam di Indonesia, Garuda Indonesia kemudian kembali bersinar berkat perombakan besar-besaran yang dilakukan Emirsyah Satar. Tahun 2011, Garuda Indonesia resmi go public.

Saat ini Garuda Indonesia telah berkembang dengan sangat pesat. Perusahaannya mempekerjakan lebih dari 7.000 karyawan. Tahun 2015, Garuda Indonesia berencana menambah armadanya untuk menjawab peningkatan permintaan masyarakat terhadap moda transportasi udara. Pengalaman terbaik yang dihadirkan Garuda Indonesia sangat terbukti dan bahkan diakui dunia internasional lewat beragam penghargaan yang diterimanya.

Pelayanan Garuda Indonesia juga semakin sempurna ketika menjadi maskapai pertama yang bergabung dengan SkyTeam pada Maret 2014 lalu. Kerjasama ini membuat penumpang Indonesia semakin mudah untuk terbang ke 1.064 destinasi di 178 negara dengan menggunakan maskapai anggota SkyTeam. Anda pun akan semakin mudah menjelajah Nusantara dan dunia bersama Garuda Indonesia!(febriyansah)