Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pol PP Pastikan Jakabaring Bebas Gubuk Liar

0

pol-pp-tertibkan-gubuk-liarPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pol PP Kota Palembang memastikan sepanjang jalan Jakabaring akan bebas dari gubuk liar maupun penjual kaki lima (PKL), sehingga kawasan Jakabaring akan semakin tertib hal ini dalam rangka menyambut Asian Games yang akan berlangsung tahun 2018 mendatang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Alex Ferdinandus mengatakan pihaknya akan mulai menertibkan gubuk-gubuk liar milik warga di sepanjang Jakabaring dan aliran sungai. Hal ini menyusul adanya instruksi dari Gubernur Sumatera Selatan,yang menginginkan disepanjang jalur yang dilalui Right Rail Transit (LRT) dan aliran sungai bebas dari gubuk liar.

“Kita sudah mengeluarkan surat peringatan yang kedua. Surat peringatan yang pertama sudah kita keluarkan dua minggu lalu,”Rabu (12/10).

Alex menjelaskan, gubuk liar yang berdiri di hampir sepanjang pinggir jalan di Jakabaring merupakan milik warga sekitar yang dimanfaatkan untuk berjualan makanan dan minuman ringan . Bahkan sebagian ada yang baru berdiri saat LRT mulai dikerjakan.

Karena itu sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Palembang akan didatangi ribuan orang dari mancanegara. Untuk itu penataan untuk membuat Palembang tampak bersih harus segera dilakukan.

Apalagi disepanjang Jakabaring akan dilalui LRT. Dimana nantinya LRT akan digunakan untuk Event Asian Games.”Ada banyak gubuk-gubuk yang berdiri di pinggir jalan di sepanjang Jakabaring ini. Kita sudah himbau mereka untuk bongkar sendiri,”urainya.

Hanya saja sampai dengan saat ini jelasnya belum ada satupun dari pemilik gubuk liar tersebut yang membongkar sendiri gubuk mereka.

Padahal dalam aturan sudah dijelaskan pedagang tidak boleh mendirikan bangunan apapun di bahu jalan ataupun daerah aliran sungai.

Menurutnya tidak ada ganti rugi kepada warga yang mendirikan bangunan apapun di pinggir jalan atau bahu jalan. Ganti rugi hanya diberikan untuk pemilik lahan yang lahannya milik sendiri dan terkena dampak dari pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.(eka)