Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


BKGN Siap Jangkau 1.500 Orang Di Makassar

0

      Makassar, jurnalsumatra.com – Peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) siap menjangkau 1.500 orang pasien di Makassar pada 13 – 15 Oktober 2016.
“Kegiatan yang dilakukan serentak di 21 universitas di Indonesia ini, khusus di Rumah Sakit Gigi  Universitas Hasanuddin (RSG Unhas) Makassar menargetkan menjangkau 1.500 orang,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas Dr drg Bahruddin Thalib di Makassar, Kamis.
Menurut dia, pentingnya menggencarkan sosialisasi preventif dan upaya kuratif di daerah ini, mengingat prevalensi gigi Caries (berlubang) dan masalah mulut serta gigi masih cukup tinggi.
“Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 tercatat 36,2 persen masyarakat Sulsel memiliki masalah gigi dan mulut,  namun baru 10,3 persen yang mendapat perawatan dari tenaga ahli,” kata Bahruddin.
Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, maka FKG Unhas meluncurkan program One Student Save One Family (OSSOF). Dalam hal ini, seorang mahasiswa FKG berkewajiban menyelamatkan satu keluarga dari masalah mulut dan gigi.

      “Ini adalah wujud dari Tri Dharma perguruan tinggi untuk mewujudkan masyarakat sehat, produktif dan mandiri,” katanya.
Sementara itu, Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, drg Ratu Mirah Afifah GCClindent mengatakan, tema yang diusung pada GKGN 2016 adalah “Kenal dan Cegah Kebiasaan Buruk Terkait Kesehatan Gigi Anak”.
Melalui kegiatan ini, ingin diingatkan pentingnya peran orang tua, terutama ibu untuk mengenal dan mengetahui cara mencegah kebiasaan yang berakibat buruk pada kondisi kesehatan gigi anak dan mulut anak.
“Kebiasaan buruk itu misalnya membiarkan anak meminum susu dengan dot tetap di mulut hingga anaknya tertidur,” ujarnya.
Kegiatan BKGN di RSG Unhas Makassar ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI yang ditandai dengan pelepasan burung merpati dan aksi gosok gigi siswa-siswi Sekolah Dasar di sekitar RSG tersebut.(anjas)