KAPOLDA SUMSEL: Polisi Bukanlah “Superman”

0

Baturaja ,jurnalsumatra.com- Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Djoko Prastowo menyatakan bahwa anggota polisi harus bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, karenanya polisi bukanlah “Superman” yang bisa bekerja sendiri dalam menjalankan tugas.

Hal itu dikemukakan Kapolda Irjen Pol Djoko Prastowo di hadapan seluruh jajaran anggota Polres Ogan Komering Ulu (OKU) di Baturaja, Jumat, terkait pelayanan prima yang harus diberikan kepada masyarakat.

Dikatakannya, anggota polisi bukanlah seorang Superman, jadi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, harus bisa berbaur dengan warga dan bisa mengambil hatinya.

Selain itu, kata Kapolda, sebelum anggota memberikan pelayanan terhadap masyarakat, anggota harus terlebih dahulu memperbaiki mental masing-masing.

“Sebelum memperbaiki masyarakat, setiap anggota harus terlebih dahulu memperbaiki mentalnya agar nantinya saat memberikan pelayanan bisa bersinergi tanpa harus menyakiti hati masyarakat,” katanya.

Kapolda juga menegaskan, dalam mewujudkan keamanan yang berkualitas, terutama upaya memberantas pelaku begal, pihaknya berikan instruksi untuk tembak pelaku di tempat, namun hal itu jangan sampai salah sasaran.

“Tidak ada ampun bagi pelaku kriminalitas. Perlu diingatkan tak ada kamusnya polisi bisa kalah dengan preman, karena itu saya perintahkan anggota tindak tegas seluruh pelaku kriminalitas di OKU,” kata Kapolda.

Sementara Kapolres OKU, AKBP Leo Andi Gunawan mengatakan, pihaknya sudah bertindak tegas terhadap pelaku kriminalitas, terbukti banyak kasus kejahatan disertai kekerasan, seperti perampokan, penodongan dan jambret bisa diungkap oleh anggota di lapangan.

Kapolres mengatakan, untuk mewujudkan kamtibnas di OKU ini, sudah mengerahkan anggota berpakaian preman untuk mengamankan titik-titik rawan kriminalitas, bahkan tim walet bersenjatakan lengkap siaga 24 jam menjaga keamanan di daerah ini.

Hasilnya lanjut Kapolres, angka kriminalitas di OKU bisa ditekan, bahkan anggota di lapangan banyak berhasil mengungkap kasus kejahatan.

“Baru-baru ini anggota kita juga sukses membongkar jaringan narkoba antar provinsi. Ini terwujud berkat kerja sama semua lapisan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan ucapan terima kasih terhadap Pemkab OKU yang banyak membantu tugas polri. “Tahun ini kita banyak mendapatkan hibah dari Pemda mulai dari pembangunan gedung SPKT, jalan cor beton di Mapolres, puluhan unit komputer dan kelengkapannya, serta kendaraan dinas buat patroli. Semua ini didedikasikan agar pelayanan kepada masyarakat lebih prima,” kata Kapolres.(anjas)

Share.