Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Festival Film Anti Korupsi Di UHO

0

Kendari, jurnalsumatra.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar festival film anti korupsi atau “Anti Corruption Film Festival” (ACFFest) 2015 di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara.
Pimpinan KPK Adnan Pandu Praja di Kendari, Rabu mengatakan, tema yang diusung pada festival film tersebut yakni “Make Your Move Make Your Movie”.
“Tema ini kami usung sebagai bentuk usaha KPK dalam mendorong masyarakat melakukan gerakan sosial anti korupsi untuk masa depan Indonesia yang lebih baik, melalui medium film sebagai penyampai pesan,” ucapnya.
Lanjut Pimpinan KPK itu, pemberantasan korupsi akan berhasil jika masyarakat terlibat dan berperan serta secara aktif dalam gerakan anti korupsi yang mendorong kesadaran untuk menciptakan perubahan sosial.
Ia menambahkan, mengingat penyebaran “virus” korupsi semakin massive dan terstruktur, tidak bisa lagi dilawan dengan cara biasa. Pencegahan dan pemberantasan korupsi perlu dilakukan dengan cara yang luar biasa.
Maka dari itu, gerakan anti korupsi dari anak-anak muda melalui film akan sangat berarti untuk mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK.
Festival film ini merupakan salahsatu bentuk kampanye anti korupsi yang dikemas dalam budaya pop agar lebih mudah diterima oleh masyarakat umum, ujarnya.
Sementara itu, Rektor UHO Usman Rianse mengatakan, ditunjuknya UHO sebagai salah satu tujuan roadshow festival film oleh KPK merupakan suatu bentuk penghargaan tersendiri bagi kampus yang dipimpinnya itu. Apalagi UHO menjadi satu-satunya universitas yang disambangi KPK di kawasan Indonesia timur.
Menurutnya, ada beberapa poin penting diantaranya, mengingatkan kembali kampus untuk berusaha keras melahirkan alumni-alumni yang anti korupsi ketika mereka telah bekerja di tengah-tengah masyarakat dan mengingatkan para pemangku jabatan untuk berhati-hati mengelola anggaran.
Kategori yang diperlombakan pada festival film tersebut yakni film fiksi, dokumenter, vidio jurnalisme warga, iklan layanan masyarakat dan film animasi serta ide cerita film dari kategori yang ada.(anjas)