Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Wali Kota: Peluang Industri Kreatif Pontianak Besar

0

     Pontianak, jurnalsumatra.com – Peluang pengembangan industri kreatif di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, cukup besar dan menjanjikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat, kata Wali Kota Pontianak Sutarmijdi.
“Pasar ekonomi kreatif juga kita lihat luas dan penggunanya juga banyak di Pontianak atau di luar Kota Pontianak. Kini tinggal bagaimana dimaksimalkan,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam FGD Penta Helix Stakeholder di Pontianak, Senin.
Meskipun peluang dan pasar ekonomi kreatif besar, ia menilai masih ada sejumlah masalah yang dihadapi para pelaku ekonomi kreatif, yakni belum tahu pasar dan kebutuhan pasar.
“Pelaku ekonomi kreatif kita belum mengetahui persis pasarnya dan apa yang dibutuhkan pasar. Kalau mereka mengetahui itu maka saya yakin ini sangat membantu,” kata dia.

    Ia mengatakan pelaku industri kreatif di daerah itu perlu memanfaatkan peluang usaha tersebut untuk mendukung Pontianak menuju “smart city”.
Ia mencontohkan terkait dengan aplikasi yang memberikan informasi tentang tingkat kemiskinan di Kota Pontianak.
“Peluang yang bisa digarap di pemkot saja banyak dan kita siap untuk mendukung itu. Apalagi kita ini akan menjadi kota yang ‘smart city’,” kata dia.
Ia mengatakan peluang lainnya, seperti kuliner dan kerajinan, juga bisa digarap secara optimal karena karakter dan keunikan Pontianak begitu kuat.
“Intinya kita mendorong pelaku keratif di Pontianak untuk memaksiamlkan potensi yang ada dan pemkot sangat mendukung,” katanya.(anjas)