BPBD Donggala Sebar Kader Juru Bencana Kecamatan

0

    Donggala, Sulteng, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menyebarkan para kader juru bencana di setiap kecamatan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana selama musim hujan ini.
“Semua wilayah yang selama ini rawan bencana alam di Donggala kami sudah tempatkan sejumlah kader juru bencana,” kata Sekretaris BPBD Donggala Anwar, Selasa.
Ia mengatakan setiap kecamatan sudah ada kader juru bencana yang jumlahnya tergantung dari kondisi geografis dan juga tingkat kerawanan bencana.
Seperti di Banawa Selatan, kata dia, jumlah kader juru bencana yang ditempatkan di kecamatan itu sebanyak tujuh sampai delapan orang karena Kecamatan Banawa Selatan selama ini rawan bencana alam banjir.

    Beberapa kali, katanya, wilayah permukiman penduduk dihajar banjir sehingga butuh perhatian serius dari pemerintah daerah, terutama BPBD.
Anwar mengatakan BPBD terus siaga mengantisipasi bencana alam di musim hujan seperti sekarang ini. Semua wilayah rawan bencana mendapat perhatian BPBD. Soal stok logistik, termasuk bahan pangan cukup tersedia.
Donggala merupakan salah satu daerah yang selama ini rawan bencana alam banjir, longsor dan gempa bumi.
Ia juga mengimbau masyarakat untuk waspada dan juga siaga mengingat intensitas curah hujan dalam dua bulan ini meningkat.
Di Kabupaten Donggala hampir setiap harinya dilanda hujan ringan sampai lebat.
Berdasarkan data BPBD sebanyak 18 rumah di Kabupaten Donggala terseret banjir yang melanda daerah itu pada 14 September 2016.(anjas)