Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Blanko E-KTP Di Disdukcapil Karawang Kosong

0

Karawang, jurnalsumatra.com- Blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kosong sejak beberapa bulan terakhir.
“Kami belum menerima kiriman blanko e-KTP dari pusat, jadi sekarang blankonya masih kosong,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat Yudi Yudiawan di Karawang, Kamis.
Ia mengatakan, blanko e-KTP sudah habis sejak beberapa bulan lalu, tepatnya sejak April 2015. Kekosongan blanko e-KTP itu diakuinya urusan pemerintah pusat. Daerah hanya menerima kiriman blanko dari pusat.
Yudi mengakui kekosongan blanko e-KTP menjadi permasalahan. Sebab setiap hari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang menerima pemohon pembuatan e-KTP.
“Kami tidak bisa menolak, dan tetap harus melayani pemohon pembuatan e-KTP itu, meski blankonya kosong,” kata dia.
Untuk menyiasati tetap melakukan pelayanan pembuatan identitas penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang mengeluarkan surat keterangan sementara pengganti e-KTP.
Dikeluarkannya surat keterangan sementara pengganti e-KTP selama blanko e-KTP kosong tersebut sesuai dengan surat keputusan Pelaksana Tugas Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.
“Dalam surat keterangan sementara pengganti e-KTP, dicantumkan pula NIK (Nomor Induk Kependudukan),” katanya.
Ia mengatakan penerbitan surat keterangan sementara pengganti e-KTP itu sudah disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga saat pelaksanaan, tidak ada protes dari masyarakat pemohon pembuatan e-KTP.
“Kami tidak mengetahui sampai kapan blanko itu dikirim ke daerah. Kami hanya menunggu kiriman dari pemerintah pusat,” kata Yudi.  (anjas)