Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Tangerang Optimistis Blangko E-KTP Dikirim Awal Februari

0

     Tangerang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, optimistis blangko KTP elektronika (e-KTP) dari Kementerian Dalam Negeri dikirim awal Februari 2017.
“Diharapkan warga yang belum memiliki e-KTP supaya bersabar bila sudah melakukan perekaman data kependudukan,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Jumat.
Ahmed mengatakan laporan dari aparat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Tangerang bahwa memang ada keterlambatan dalam pengiriman blangko tersebut.
Pernyataan tersebut terkait Kemendagri sudah melayangkan surat dengan nomor 471.13/12159/DUKCAPIL tentang Pemberitahuan Ketersediaan Blangko e-KTP, maka pengiriman segera dilakukan.
Dalam surat tersebut menyangkut pengadaan blangko sebanyak delapan juta keping dinyatakan gagal lelang dengan alasan tertentu.
Hal tersebut tentunya berdampak terhadap ketersediaan blangko di pusat maupun daerah hingga akhir Desember 2016.

     Sedangkan Pengiriman awal Januari 2017 akhirnya tertunda, tapi aparat Kemendagri melakukan kembali lelang blangko e-KTP.
Dia mengatakan bahwa bagi warga yang sudah merekam data tapi diberikan surat keterangan dari Disdukcapil setempat.
Namun keterangan Disdukcapil itu berlaku selama enam bulan dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengurusan aneka keperluan diantaranya BPJS, SIM, Surat Keterangan Polisi maupun melengkapi administrasi perbankan.
Pada hakekatnya, katanya, surat keterangan yang dikeluarkan aparat Disdukcapil itu dapat sebagai pengganti KTP sementara.
“Karena sudah tertera barcode, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) serta foto,” katanya.
Bahkan surat keterangan itu dapat digunakan untuk pencoblosan saat Pilkada Gubenur Banten pada 15 Februari 2017.(anjas)