Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Tunjangan Kades dan Perangkat Desa Naik

0

INDRALAYA,jurnalsumatra.com- Terhitung mulai Januari 2017 tunjangan Kepala Desa (kades), perangkat desa beserta BPD dan anggotanya di Ogan Ilir (OI) naik.

Kades yang semula menerima tunjangan 700 ribu per bulan naik menjadi Rp 1 juta per bulan. Sekdes non PNS dari Rp 350 ribu menjadi Rp 750 ribu, Kaur dan kadus dari Rp 200 ribu menjadi Rp 500 ribu per bulan, kepala lingkungan semula menerima Rp 150 ribu kini naik menjadi Rp 450 ribu per bulannya.

Demikian juga untuk tunjangan BPD dan anggotanya juga mengalami kenaikan. Ketua BPD semula menerima tunjangan Rp 350 ribu per bulan kini menjadi Rp 750 ribu perbulan, wakil ketua dan sekretaris dari Rp 250 ribu menjadi Rp 500 ribu dan anggotanya dari Rp 200 ribu kini naik menjadi Rp 450 ribu perbulannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Samrowi mengatakan, mulai Januari 2017 ada kenaikan tunjangan untuk kades, sekdes, perangkat desa, ketua BPD, wakil ketua, sekretaris BPD, anggota BPD dan kepala lingkungan.

“Ya ada kenaikan tunjangan. Sistem pembayaran tunjangan, dibayarkan secara triwulan, dana nanti ditransfer ke rekening desa yang nantinya dicairkan oleh kades dan bendahara desa,” Katanya Kamis (16/2/2017) kemarin.

Adanya Kenaikan tunjangan ini disambut positif oleh kades dan perangkat desa, seperti diakui Taufik Sopa Kades Sarang Elang kecamatan Pemulutan Barat sangat senang dengan adanya kenaikan tunjangan ini.

Sementara itu, ada beberapa kades lainnya juga mempertanyakan tunjangan untuk bulan Oktober hingga Desember 2016, termin terakhir sampai sekarang belum terealisasi alias belum cair.

Menanggapi hal tersebut pihak DPMD berjanji akan tetap membayarkan tunjangan termin terakhir 2016 tersebutdan diusahakan akan dibayarkan secepatnya. (Edi)