21 Hektare Gambut Di Aceh Selatan Terbakar

    Banda Aceh, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengklaim, sedikitnya 21 hektare lahan bergambut telah terbakar yang mengancam perkebunan warga dan perusahaan kelapa sawit di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh.
“Laporan terkini di lapangan, luas lahan yang terbakar menjadi 21 hektare. Malam ini petugas terus bekerja memadamkan titik api,” ucap Kepala Pelaksana BPBA, Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Jumat.
Ia mengaku, pihaknya mendapat laporan bahwa kebakaran hutan dan lahan yang melanda dua kecamatan di Aceh Selatan, yakni Bakongan dan Kota Bahagia terjadi sejak pagi hari tadi.
Awalnya wilayah Bakongan terdapat dua titik api, dan miliki jarak antara satu dengan yang lain sekitar enam kilometer. Tapi hingga malam ini, tim belum bisa mencapai lokasi terbakar akibat sulitnya medan yang harus ditempuh.

     Lalu lokasi kedua wilayah Kota Bahagia di lahan bergambut perkebunan sawit milik masyarakat setempat dengan perkiraan sementara lahan yang sudah terbakar sekitar enam hektare.
“Kejadian terbakar lahan gambut ini, kami terima laporan pagi menjelang siang. Untuk lokasi kebun milik masyarakat, sangat dekat dengan perkebunan PT Asdal,” tegas Dadek.
“Tim terkait dan muspika setempat, saat berupaya tangani persoalan ini. Direncanakan malam ini, tim bergerak ke lokasi kebakaran dengan peralatan ‘portable pump’ yang ada,” katanya, menambahkan.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat, tidak mendeteksi titik panas hari ini, walau dua hari sebelumnya terdapat 11 titik di Aceh, yakni Rabu, (6/6) pagi dan sore, dan Kamis, (7/6) pagi.
“Sepanjang hari ini, satelit menunjukkan titik panas nil di Aceh,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Aceh, Zakaria Ahmad.
Padahal sebelumnya, terdapat 11 titik panas dengan wilayah penyebaran di lima kabupaten/kota dan mayoritas terkosentrasi pada wilayah Barat-Selatan di Aceh.
Termasuk delapan titik panas diantaranya terdeteksi di Aceh Selatan dengan penyebaran dua kecamatan, yakni Bakongan empat titik, dan Trumon dua titik.(anjas)

Leave a Reply