250 Peserta Di Bangka Ikut Pawai Ta’aruf

Sungailiat, jurnalsumatra.com – Sebanyak 250 peserta dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti parai ta’aruf pada acara seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XI.

  Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Selasa saat melepas pawai yang diikuti oleh 250 peserta perwakilan dari delapan kecamatan mengatakan, pawai ta’aruf merupakan kegiatan rutin menaman semangat mengikuti serangkaian acara dan perlombaan STQ.

  “STQ ke XI yang dijadwalkan mulai 19 sampai 23 Maret 2019 merupakan salah wadah dan pembinaan umat yang bertujuan untuk membumikan kitab suci Al Quran,” katanya.

  Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bangka, Paidi mengatakan, sesuai dengan ketentuan dari Menteri Agama RI, untuk tahun 2019 pelaksanaan STQ dan hafalan hadist.

  “STQ tahun 2019, ada tambahan menjadi STQ dan hafalan hadist khusus STQ ada materi baru sesuai ketentuan dari pusat,” katanya.

  Menurut Paidi, STQ selain bagian dari syiar Islam, juga mendorong minat bagi para generasi muda untuk rajin membaca, menghafalkan Al Quran dan mengamalkannya.

  “Melalui STQ dapat mendorong minat generasi muda, untuk rajin membaca, menghafal dan lebih jauh mengamalkan Al Quran serta menjadi syiar untuk memberikan pemahaman kepada umat bahwa itu betul-betul sebagai kitab suci, pantas dan wajar bahkan wajib untuk memahaminya, menghidupkan ruh Al Quran itu kepada seluruh komponen masyarakat,” jelasnya.

  Dikatakan, Al Quran sebagai kitab suci, panduan, pegangan hidup umat Islam dan juga sekarang STQ ditambah lagi dengan hapalan hadist, itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “umatku tidak akan sesat selama-lama, selagi mereka berpegang teguh pada Al Quran dan sunnah.(anjas)

Leave a Reply