30 Mahasiswa Dharmasraya Terima Beasiswa SKSS 2017

     Pulau Punjung, Sumbar, jurnalsumatra.com – Sebanyak 30 Mahasiswa Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menerima beasiswa program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat pada 2017.
Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Dharmasraya, Ridwan Syarif di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan penerima beasiswa merupakan mahasiswa kurang mampu yang terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri di Sumbar.
Beasiswa SKSS yang terhimpun dalam program Dharmasraya Cerdas sudah dimulai sejak 2013, dan 78 mahasiswa telah mendapat program tersebut.
Program SKSS ini diberikan harus catatan pada keluarga tersebut belum ada yang bergelar sarjana.
“Jadi ada beberapa indikator yang kami lihat, selain melihat kondisi lapangan, kemampuan akademik juga diperlukan sebagai penerima program ini,” ujarnya.

     Ia menjelaskan penerima beasiswa SKSS akan dibantu biaya semester sebanyak Rp2 juta dengan maksimal empat tahun atau delapan semester masa perkuliahan. Selain dibantu uang semester, lanjutnya, mahasiswa juga diberikan uang saku Rp500 ribu setiap bulan.
“Kalau lebih dari empat tahun kami tidak memiliki tanggung jawab lagi, jadi ada pengecualian,” ujar dia.
Sebelumnya mahasiswa penerima bantuan mengikuti seleksi tertulis dan tes wawancara.
Berdasarkan data yang diterima sebanyak 61 mahasiswa Dharmasraya mengajukan permohonan penerimaan beasiswa SKSS.
“Seleksi administrasi disaring menjadi 53 calon, kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara dan tertulis serta verifikasi lapangan, lalu diputuskan 30 mahasiswa mendapatkan program ini,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply