308 Personel Ikut Praoperasi Mantap Brata

     Ternate, jurnalsumatra.com – Polda Maluku Utara (Malut) mengerahkan 308 personelnya untuk mengikuti pelatihan pra-operasi mantap brata-2018 dalam mengamankan penyelenggaraan pemilu presiden/wakil presiden 2019 mendatang.
“Tentunya, dengan pelatihan praoperasi mantap brata-2018, polri siap mengamankan penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019,” kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar di Ternate, Selasa.
Menurut dia, Polda Malut menggelar simulasi/gladi lapang pengamanan pemilihan umum tahun 2019 di lapangan perikanan bastiong selama dua hari yakni tanggal 17 dan 18 September 2018.
Polda Malut sendiri akan menerjunkan personelnya untuk mengikuti pelatihan guna memahami tingkat kerawanan saat pemilu dan fungsi objek vital pengamanan VIP hingga antisipasi gejolak yang akan terjadi di TPS saat pencoblosan.
Kabid Humas mengatakan, pelatihan ini untuk menyiapkan personel agar mampu memahami terhadap peraturan perundang-undangan yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2019; mampu memahami terhadap kerawanan dan ancaman/gangguan Kamtibmas dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019.

Selain itu, personel nantinya memiliki Pola pikir dan pola tindak yang sama dalam mengantisipasi terhadap kerawanan dan ancaman/gangguan yang mungkin akan terjadi selama operasi Mantap Brata-2018.
“Kita akan meningkatkan kemampuan/ketrampilan teknis dan taktis sesuai dengan tugas, fungsi dan peran masing-masing dalam operasi ¿Mantap Brata¿,” ujarnya.
Olehnya itu, pihaknya akan meningkatkan keterpaduan fungsi operasional antar satuan kerja maupun dengan unsur instansi terkait lainnya dalam pelaksanaan pengamanan operasi ¿Mantap Brata-2018.
Hendri menambahkan, pihaknya akan meningkatkan kemampuan dalam penggunaan Sarpras pendukung dan sekaligus untuk mengevaluasi Sarpras yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Pengamanan Pemilihan Umum tahun 2019.
Sedangkan, sasarannya seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata-2018 agar telah siap untuk melaksanakan tugas Pengamanan Pemilihan Umum tahun 2019dan  sarana dan Prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan Pemilu 2019 agar dapat digunakan secara efektif. (anjas)

Leave a Reply