39 Pasang Calon Kepala Daerah Tes Psikotes

    Palembang, jurnalsumatra.com – Sebanyak 39 pasangan calon kepala daerah di Sumatera Selatan mengikuti tes secara serentak pada hari ini  bidang psikotes dan terkait dengan Badan Narkotika Nasional di Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang.
Ketua KPU Sumatera Selatan, Aspahani di Palembang, Kamis mengatakan, seluruh bakal pasangan calon kepala daerah yang berjumlah 39 pasang calon atau secara individu sebanyak 78 orang mengikuti tes secara serentak pada hari ini  bidang psikotes dan bidang BNN.
Menurut dia, pada Jumat besok (12/1) baru serangkaian tes kesehatan yang akan dilakukan oleh tim dokter mulai pagi hari sampai selesai yang dibagi beberapa tempat.
Hasilnya tim dokter akan memplenokan itu pada 15 Januari 2018 dan 16 Januari 2018 di KPU Sumsel dan KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada akan memperoleh hasil itu secara langsung dari Ikatan Dokter Indonesia atau tim dokter yang telah melaksanakan tes kesehatan, katanya.
Ia mengatakan, hasilnya hanya dua saja opsinya bilamana memenuhi syarat maka calon tersebut akan mengikuti  tahapan selanjutnya dan bilamana tidak memenuhi syarat masih memungkinkan untuk diganti calon yang tidak memenuhi syarat itu tapi dalam waktu sangat singkat.

“Pada hari ini pelaksanaan sudah kita koordinasikan lebih awal dengan IDI,  Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan BNN dan secara resmi menunjuk rumah sakit Muhammad Hoesin ini sesuai dengan regulasi KPU yaitu rumah sakit tipe A,” ujarnya.
Ia menyatakan, sebanyak 78 orang calon itu semuanya hadir pada hari ini untuk mengikuti tes tersebut.
Lebih lanjut ia menuturkan, mulai Jumat besok pada pukul 07.00 WIB akan dilakukan tes kesehatan, karena itu calon kepala daerah harus puasa mulai pukul 20.00 WIB.
Pada 12 Januari 2018 nanti yang akan tes kesehatan itu adalah empat pasang calon gubernur Sumsel, kemudian tiga pasangan calon bupati Ogan Ilir dan enam pasangan calon bupati Lahat, jadi dalam sehari itu sebanyak 26 orang.
Selanjutnya pada 13 Januari yaitu empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Palembang, tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Lubuklinggau dan enam pasangan calon wali kota Pagaralam.
Kemudian pada 14 Januari 2018 yang mengikuti tes kesehatan empat pasangan calon bupati Muaraenim, kemudian tiga pasangan calon bupati Empat Lawang dan lima pasangan calon bupati Banyuasin serta satu pasangan calon wali kota Prabumulih, katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =