4.420 Siswa SMP Sederajat Manado Ikut UNBK

     Manado, jurnalsumatra.com – Hari pertama ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs sederajat, diikuti oleh 4.420 siswa dari 33 sekolah setempat.
“Para siswa berasal dari delapan SMP Negeri, satu sekolah terbuka, 13 swasta, satu MTs negeri dan 10 swasta yang tersebar di Manado, dimana ujian dilaksanakan selama empat hari,” Kata Kepala Dinas Pendidikan Manado, Deasy Lumowa, di Manado.
Dia mengatakan pelaksanaan UNBK dilakukan dengan sistem sif, dan rata-rata dalam tiga sesi karena jumlah siswa yang banyak, serta keterbatasan alat dan ruangan tempat ujian para peserta.
“Sekolah negeri rata-rata masih menggunakan gedung SMK di Manado, sebab komputer masih terbatas, sehingga harus meminjam dari sekolah lainnya,” katanya.
Satu-satunya SMP yang menggelar secara mandiri yang menggunakan alat dan gedung sekolah sendiri, kata Lumowa, adalah SMP negeri 12 Manado yang berlokasi Pulau Bunaken, sedangkan lainnya masih menumpang.

     Kepala SMP Negeri I Manado, Jeane Rey, mengatakan, di sekolah yang dipimpinnya peserta ujian yang ikut sebanyak 728 siswa, dan semuanya ikut, yang dilaksanakan dalam tiga sesi, menumpang di gedung SMK Negeri I Manado.
“Kami berharap seluruh siswa yang ikut bisa lulus dan mendapatkan nilai terbaik seperti harapan semua warga Manado agar bisa melanjutka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.
Sementara Kepala SMP II Manado Alex Simboh, mengatakan, untuk sekolah yang dipimpinnya peserta 288 orang, dan semunya ikut, menggunakan gedung SMA Negeri IX Binsus Manado, dan dilaksanakan dalam tiga sesi.
Sedangkan di SMP Negeri VIII Manado, kata Kepala Sekolah Adeleida Kemur, peserta sebanyak 442 siswa, semuanya hadir dan mengikuti ujian di SMK Negeri III Manado, juga dilakukan dalam tiga sesi.(anjas)

Leave a Reply