40 SMP Di Penajam Laksanakan UNBK 2018

     Penajam, jurnalsumatra.com – Sebanyak 40 Sekolah Menengah Pertama sederajat di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK yang akan digelar pada Mei atau April 2018.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara Marjani, saat ditemui di Penajam, Kamis, mengatakan dipastikan seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat pada 2018 akan melaksanakan UNBK.
Pada 2017, hanya sebanyak 17 SMP sederajat di Kabupaten Penajam Paser utara yang bisa melaksanakan ujian nasional secara online (daring) menggunakan sistem komputerisasi.
“Tidak dapatnya sejumlah SMP sederajat menerapkan UNBK pada 2017 karena terkendala sarana prasarana komputer,” jelas Marjani.
Namun pada 2018, dipastikan sebanyak 40 SMP sederajat di Kabupaten Penajam Paser Utara akan menggelar ujian nasional berbasis komputer secara serentak.
Kekurangan sarana prarana komputer di sejumlah SMP sederajat tersebut menurut Marjani, karena usulan pengadaan komputer untuk pelaksanaan UNBK tidak diakomodir Pemerintah Kabupaten Penajam Paser utara.

     “Masih ada sekitar delapan SMP di Kabupaten Penajam Paser Utara masih kekurangan 150 unit sarana prasarana komputer,” ungkapnya.
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara mengusulkan anggaran pengadaan komputer untuk keperluan UNBK pada APBD 2018 sekitar Rp6 miliar, namun tidak disetujui.
Untuk menutupi kekurangan komputer itu lanjut Marjani, akan ditutupi dengan cara meminjam perangkat komputer ke sekolah lainnya.
Selain itu Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga juga akan meminjam perangkat komputer kepada SMA/SMK sederajat untuk melaksanakan UNBK di tingkat SMP.
Pelaksanaan UNBK SMP sederajat tambah Marjani, diperkirakan akan digelar pada Mei atau Mei 2018, sementara untuk SMA/SMK sederajat kendati sudah dilimpahkan ke pemerintah provinsi namun monitoring tetap dibantu pemerintah kabupaten.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =