407 Unit RLH Untuk Masyarakat Kuantan Singingi

     Kuantan Singingi, jurnalsumatra.com – Sebanyak 407 unit Rumah Layak Huni (RLH) untuk masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau bantuan dan kucuran dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2017.
“Dana yang dikucuran merupakan APBN Reguler dan pinjaman Luar negeri,” kata Sekretaris Dinas Perkim Kuantan Singingi (Kuansing) Burhanuddin di Teluk Kuantan, Selasa.
Ia mengatakan, masyarakat Kuansing merasa gembira atas perhatian pemerintah pusat dengan membantu ratusan rumah layak huni untuk warga Teluk Kuantan, ini dapat mengurangi angka kemiskinan dan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi keluarga yang kurang mampu hingga dapat hidup layak.
Dari 407 unit RLH tersebut, 205 dari anggaran APBN reguler dan 202 dari APBN pinjaman Luar negri dan sebelumnya Kuansing sudah mengusulkan sebanyak 500 unit.
“Kami apresiasi tinggi atas perhatian pusat,” sebutnya.

     Selain itu, ada juga program RLH yang bersumber dari dana DAK sebanyak 150 unit yang terdiri dari 50 unit untuk renovasi dan 100 unit untuk pembangunan baru sedangkan untuk tahun 2018, Kuansing bakal menerima 309 unit RLH dari APBN Reguler.
Masyarakat Kuansing berharap adanya pemerataan pembagian RHL setiap kecamatan di Kuansing, sehingga warga merasa dipedulikan dan mendapatkan haknya.
“Proses penetuan penerima RLH sebaiknya transparan,” pinta warga Kuansing, Kas (45).
Menurutnya, masyarakat yang memiliki rumah layak huni masih sangat tinggi di Kuantan Singingi, terlihat jika masuk kedaerah pedesaan yang tergolong jauh dari pusat kota, yang perlu diperhatikan adalah mereka sehingga dapat hidup dengan tenang da bahagia.
“Mereka butuh tempat tinggal yang baik, agar aman,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply