454 SMA UNBK 128 Laksanakan UNKP

Palembang, jurnalsumatracom – Dari 582 SMA Negeri dan Swasta di Sumsel, sebanyak 454 SMA melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 128 SMA melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Ujian tingkat SMA akan dilaksanakan pada 9-11 April mendatang.

Kabid SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Bonny Syafriyan mengatakan, dari 454 SMA yang melaksanakan UNBK rinciannya adalah 318 melaksanakan UNBK secara mandiri dan 136 menumpang. “Tidak seluruh SMA melaksanakan UNBK secara mandiri karena ada sekolah yang terkendala sarana seperti komputer. Jadi mereka menumpang ke SMA lain atau SMK,” ujarnya ketika diwawancarai via telpon,  Jumat (6/4/2018).

Lebih lanjut Bonny menjelaskan, untuk sekolah yang melaksanakan UNKP berjumlah 128 sekolah rata-rata berada di daerah. “Mereka tidak bisa melaksanakan UNBK karena terkendala belum memiliki komputer dan jaringan internet. Untuk soal UNKP sudah dikirim Kamis (5/4) ke daerah yang melaksanakan UNKP,” katanya.

Bonny mengungkapkan, rincian sekolah yang melaksanakan UNKP adalah Palembang12 SMA, OKI 16 SMA, Lahat 1 SMA, Mura 23 SMA, Muba 12 SMA, Banyuasin 24 SMA, Ogan Ilir 4 SMA, OKUS 24 SMA, Empat Lawang 5 SMA, PALI 1 SMA dan Muratara 4 SMA.

Menurutnya, sekolah tidak diwajibkan melaksanakan UNBK. Namun kecurangan dapat diminimalisir dengan diterapkannya UNBK.

“UN harus berlangsung jujur, semua pihak yg terkait diharapkan mendukung penuh. Hentikan upaya-upaya yg mengarah ketidakjujuran, baik UNBK maupun UNKP,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + two =