460 Lembar SS Pilbup Lahat Ditemukan Di Banyuasin

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Sebanyak 460 lembar surat suara tercampur dengan surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Banyuasin.

Ratusan surat suara tersebut, ditemukan oleh Panwaslu Kabupaten Lahat. Agar tidak menimbulkan permasalahan kedepan Panwaskab Lahat Divisi PHP dan Hubal langsung keBanyuasin untuk memastikan temuan itu. Terakhir, surat suara yang tercecer berhasil digondol ke-Kabupaten Lahat lagi.

“Kami dikabari. Setelah itu, langsung melakukan pengecekan atas informasi tersebut. Ternyata, benar ratusan surat suara Pilbup untuk Bumi Seganti Setungguan, ” tutur Ketua Panwaskab Lahat Sepsata Adrian,SE melalii Kordiv PHP & Andra Juarsyah,Msi, Jum’at (8/6/2018).

Ia menjelaskan, dari temuan itu ada 460 surat suara. Awalnya, Panwaskab Lahat mendapatkan informasi dari Panwas Banyuasin.

“Ada 460 lembar kertas suara Pilbup¬† Bupati Lahat tercampur dengan surat suara Pilbub Banyuasin saat pengiriman pendistribusian logistik dan setelah dicek ternyata benar, ” tambahnya.

Menurutnya, dari temuan tersebut langsung dikoordinasikan ke-KPU agar dapat mengantisipasi hal yang tidak diingin kan karena Pilkada dan Pilgub Sumsel tahun ini harus dapat berjalan secara demokrasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Pengawasan pensortiran dan pelipatan dikantor KPU Banyuasin pd tgl 30 mei 2015 lalu dan mudah-mudahan kedepan hal ini tidak lagi terjadi karena masa pencoblosan surat suara tinggal menghitung hari,” imbuhnya.

Selain itu, Panwaskab Lahat juga terus mengimbau agar seluruh masyarakat khususnya penyelenggara, ASN dan Pemdes untuk terus menjaga netralitas selama jalannya tahapan pemilukada dan Pilgub Sumsel.

“Untuk panwas hingga ketingkat desa telah diberikan pembekalan melalui Bimtek yang dilakikan sehingga masyarakat jangan ragu untuk menyampaikan informasi jika apabila ada temuan ada dugaan terjadinya pelanggaran, ” imbuhnya. (Din).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − four =