478 Calon Anggota DPD Proses Harta Kekayaan

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginformasikan bahwa jumlah bakal calon anggota DPD yang memproses pelaporan harta kekayaan sampai saat ini sebanyak 478 orang.
“Dari data yang masuk, kami sudah terima 478 dan sudah dilakukan proses verifikasi yang dianggap sudah lengkap dan kami keluarkan tanda terima sehingga bisa dipakai para calon tersebut untuk mendaftar di KPU sebanyak 168 orang calon,” kata Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK Cahya Harefa di gedung KPK, Jakarta, Rabu.
Sedangkan 126 orang calon lainnya, lanjut dia, masih belum melengkapi data.
“Oleh karenanya, kami juga melalui media di sini mengimbau  para calon untuk segera melengkapi karena kami proaktif, kami telepon tidak diangkat, kami hubungi juga masih belum dibalas ‘WhatsApp’-nya. Mungkin di tengah-tengah kesibukan tolong dilengkapi jangan sampai nanti baru sadarnya diakhir-akhir terus mepet,” tuturnya.
Selanjutnya, kata Cahya, terdapat 184 orang calon yang belum mengaktivasi aplikasi e-LHKPN.
“184 yang sudah kami kirim “username” dan “password” untuk mengaktivasi e”LHKP-nya. Di antaranya juga mereka menelepon kami, menghubungi kami, kok belum dikirim padahal sebenarnya sudah kami kirim. Nah belakangan kadang-kadang lupa dicek emailnya lagi. Tolong kepada para calon untuk mengecek berkala emailnya untuk segera diaktifkan,” ujarnya.

      Lebih lanjut, ia menyatakan terdapat 922 calon anggota DPD yang sudah terdaftar di KPU.
“Ini yang kira-kira nanti  akan melapor kepada KPK sehingga kami juga bersiap-siap untuk menerima pendaftaran. Namun demikian, KPU juga mmberikan kelonggaran waktu untuk melengkapi syarat-syarat sampai 21 Juli sehingga kami membuka pelayanan di sini sampai 19 Juli supaya tidak mepet,” kata Cahya.
Untuk diketahui, Direktorat PP LHKPN memfasilitasi pelaporan dengan membuka loket pendaftaran LHKPN yang berada di ruangan penerimaan lantai dasar gedung Merah Putih KPK Jakarta untuk mengakomodasi percepatan pelaksanaan pelaporan tersebut.
Loket pendaftaran dibuka sejak Rabu, 4 Juli 2018 dan berakhir pada Kamis, 19 Juli 2018 dan buka pada hari kerja Senin pukul 09.00 WIB-16.00 WIB sampai dengan Jumat pukul 09.00 WIB-16.30 WIB
“Saat ini, total lima loket pendaftaran khusus disiapkan untuk melayani pendaftaran bakal calon anggota DPD RI dan akan bertambah seiring dengan jumlah tamu yang akan datang,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (10/7).(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 3 =