48 SSB Bersaing Di Prakualifikasi DNC Aceh

     Banda Aceh, jurnalsumatra.com – Sebanyak 48 tim sekolah sepakbola (SSB) dan sekolah dasar (SD) bersaing dalam prakualifikasi piala dunia sepakbola anak Aqua Danone Nations Club (DNC) regional Aceh di Banda Aceh, 6 – 8 April 2018.
Koordinator Aqua DNC Regional Aceh, Zahirsyah Oemardy kepada wartawan di Banda Aceh, Senin menjelaskan, tim yang berlaga di tingkat Provinsi Aceh ini merupakan SSB, klub sekolah dasar (SD) juara dan runner-up serta tim terbaik dari prakualifikasi di kabupaten/kota.
Zahirsyah menyebutkan hanya tiga kabupaten/kota yang tidak melaksanakan prakualifikasi yaitu Aceh Jaya, Subulussalam dan Aceh Singkil, sehingga tidak mengirimkan timnya ke tingkat provinsi.
Dijelaskannya, prakualifikasi tingkat Provinsi Aceh, ke-48 tim tersebut dibagi dalam 16 grup dengan sistem pertandingan setengah kompetisi. Setiap grup bercokol masing- masing tiga tim.
“Dipastikan tidak akan dihuni tim yang berasal dari kabupaten/kota yang sama dalam satu grup,” katanya.
Ia menyebutkan pemain yang tampil pada prakualifikasi ini berusia 11 hingga 12 tahun atau kelahiran 1 Januari 2006 – 31 Desember 2007.
Disebutkannya, hanya juara pertama dari prakualifikasi ini yang akan mewakili Provinsi Aceh mengikuti prakualifikasi tingkat nasional yang digelar 21 – 22 di Jakarta, sedangkan juara nasional mengikuti piala dunia, September 2018.
Zahirsyah menambahkan, para pemain dari semua tim akan dilakukan screening tes (tes penyaringan), Kamis (5/4) bertempat di komplek Stadion Harapan Bangsa (SHB), Lhongraya, Banda Aceh.

     Screening meliputi pemeriksaan dokumen pendukung, seperti kartu keluarga, akte kelahiran, raport/ijazah dan surat keterangan dari sekolah untuk memastikan usia pemain sesuai yang disyaratkan.
Selanjutnya dilakukan screening kesehatan, yaitu pemeriksaan gigi yang dilakukan oleh dokter khusus yang didatangkan dari DNC Jakarta.
“Pemeriksaan ini juga untuk memastikan pemain yang didaftarkan sesuai persyaratan dan dapat bermain di babak prakualifikasi regional Aceh,” katanya.
Sebutnya, pemain yang tidak lolos screening langsung diskualifikasi dan tidak bisa digantikan dengan pemain lain. “Jika ada tiga pemain tidak lolos screening, tim tersebut didiskualifikasi,” tegasnya.
Sementara itu, tehnical meeting sekaligus penarikan nomor undian (drawing) akan dilaksanakan, Kamis malam di tempat yang sama. Meeting ini akan menyampaikan aturan-aturan standar yang ditetapkan dalam buku panduan Aqua DNC 2018.
“Panitia mengharapkan kepada para pelatih agar dapat mempersiapkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan,  selain membawa yang asli juga menyiapkan fotocopy dan dibuat dalam bentuk buku atau dijilid,” imbuhnya.(anjas)

Leave a Reply