57 PPK se- Kabupaten Banyuasin Dilantik

BANYUASIN,SUMSEL,Jurnalsumatra.com-Komisioner KPU  Banyuasin mengglar acara pelantikan   57 PPK se- Kabupaten Banyuasin untuk  pemilihan DPR, DPD dan DPRD, serta Presiden dan Wakil Presiden 2019. Pelantikan diadakan  di Aula KPU Banyuasin, Selasa (6/3) 2018.

Hadir dalam acara ini Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIK, Kejari Banyuasin LA Kamis SH MH,  Panwaslu Banyuasin, dan rohaniawan dari Kementerian Agama Banyuasin.

“Pelantikan PPK ini dapat membantu dan melaksanakan proses pilkada serta melaksanakan tugas yang sebaik-baiknya,”kata Ketua KPU Banyuasin, Dahri.

Orang yang dilantik ini, tambahnya adalah orang-orang  terpilih.”Saya ucapkan selamat atas kepercayaan rekan kalian dari tingkat PPS yang sudah memberikan penilaian baik kepada kalian,” ucap Dahri.

Menurut Dahri, tugas kalian masih berat, karena masih banyak proses tahapan yang akan dijalani oleh para kandidat maupun calon DPRD, DPD, DPR.

“Saya minta agar tahapan dipantau, dan disini tidak ada perbedaan, semua kerjakanlah tugas kalian sebaik-baik mungkin agar tercipta pilkada damai di Banyuasin ini.  Dan Jangan coba-coba kalian hadir di kampanye dan photo bareng dengan calon, jangan sampai kasus di Garut terualang di kita, kita selalu diawasi oleh Panwaslu, kita apresiasi kinerja mereka,” ujarnya.

Pelantikan PPK kali ini, jelas Dahri mengacu pada UU PKPU No 7 tahun 2017, bahwa untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) ditetapkan tiga orang.

“Ya mengacu pada aturan UU, yang sebelumnya lima kali ini tiga PPK yang kita lantik di 19 Kecamatan, namun tetap untuk dua yang tidak terpilih dari lima kemarin tetap difungsikan membantu kinerja tiga PPK ini, dengan bertugas merekap, serta membantu administrasi ketiga PPK yang kita lantik hari ini,”katanya.

Ketua Panwaslu Banyuasin Iswadi, melalui Sahrul Haromi, Staf Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga, (PHL) Panwaslu Banyuasin mengaku siap mengawal dan mengawsi kinerja dari PPK, PPS, PPL yang sudah dilantik agar bekerja sesuai dengan amanat UU.

“Kami akan melakukan pengawasan terhadap kinerja KPU  seperti PPK, PPL, dan PPS,  pada tahapan-tahapan yang sedang berlangsung, agar tercipta pemilu yang berkeadilan, jujur dan kredibilitas,” harapnya.

Dia berharap, PPK haruslah bekerja sesuai dengan aturan yang selama ini menjadi acuan untuk penindakan bagi PPK, PPL, maupun PPS kedapatan melanggar.

“Kita harapan  PPK yang baru saja dilantik, memahami sumpah mereka menggunakan Al-Quran, jangan malu sama masyarakat, namun malulah dengan Al-Quran dan Allah, dan bila kita luput mengawasi mereka, mereka mesti sadar hal itu, dan dapat menjalankan tugas sesuai amanat UU, dan bila ditemukan pelanggaran, maka  akan kita proses,”tandasnya.(Bio)

 

Leave a Reply