600 Pohon Di Kota Bandung Berusia Tua

Bandung, jurnalsumatra.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) mencatat sekitar 600 pohon di Kota Bandung sudah berusia tua atau lebih dari 50 tahun.
“Di Kota Bandung itu jumlah pohon cukup banyak dan usianya pun sudah tua. Yang berumur di atas 50 tahun antara 400-600 populasi pohon,” ujar kepala DPKP3 Arief Prasetya di Bandung, Jumat.
Menurut Arif, saat ini tercatat ada sekitar dua juta pohon yang ditanam di Kota Bandung. Pohon-pohon ini katanya, ada yang ditanam sejak puluhan tahun lalu, ada pula yang baru ditanam beberapa tahun.
Belum lagi ditambah pohon yang ditanam unsur kewilayahan, sehingga jumlahnya diprediksi terus bertambah.
“Saya dengan jajaran dan masyarakat sudah menanam sejak 2014 sekitar 1 juta 800 pohon. Kalau dijumlah 2 juta lebih,” katanya.
Dalam menghadapi musim penghujan, DPKP3 memetakan titik-titik pohon yang berpotensi tumbang dan melakukan pemeliharaan dengan memangkas atau bahkan menebang pohon yang memang sudah semestinya ditebang.

Apalagi beberapa hari terakhir, Kota Bandung selalu diguyur hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir, maka dikhawatirkan pohon yang sudah berumur rawan tumbang.
“Maka menghadapi, hujan tinggi disertai angin saat ini bahaya. DPKP3 fokus untuk pemeliharaan beberapa pohon maupun tanaman yang mengakibatkan tumbang,” kata dia.
Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya, memprediksi, hujan akan terus mengguyur hingga Mei 2018 nanti. Menurutnya, melihat kondisi lingkungan yang berubah serta adanya perubahan iklim membuat pola hujan tidak teratur.
“Kondisi cuaca di Kota Bandung ini sedang musim hujan dari Oktober sampai Mei. Tujuh bulan panjang musim hujan di Bandung,” kata Toni.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data periode 30 tahun terakhir, kondisi saat ini sangat berbeda. Ia mencontohkan, saat ini cuaca bisa berubah sewaktu-waktu serta tidak menunjukkan gejala-gejala musim penghujan biasa.
“Pagi cerah, sore hujan ringan itu ciri pola musim hujan teratur. Tapi karena ada perubahan pola angin dan gangguan cuaca dalam waktu singkat, pola hujan akan berubah tiba-tiba,” katanya.(Anjas)

Leave a Reply