691.363 Anak Di Kalteng Diimunisasi Rubella

    Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah, telah mempersiapkan berbagai strategi untuk memberikan imunisasi campak rubella kepada sekitar 691.363 anak yang tersebar di 14 kabupaten/kota di wilayah ini.
“Pemberian imunisasi ini sangat diperlukan karena virus rubella dapat membuat retardasi mental, penyakit jantung bawaan dan gangguan pendengaran serta penglihatan atau Katarak,” kata Kabid PMK Dinkes Kalteng, dr Endang Sri Lestari di Palangka Raya, Senin.
Tingkat penularan virus rubella ini sangat tinggi dan sampai sekarang belum ada obatnya, dan  hanya bisa dicegah dengan imunisasi. Kalau sudah di imunisasi, seseorang akan kebal seumur hidup.
Belum terlalu pahamnya masyarakat terhadap bahaya virus rubella, maka dinias kesehatan provinsi bersama kabupaten/kota se-Kalteng pun akan gencar mengkampanyekannya.
z’Dalam waktu dekat, rumah sakit dan Puskesmas serta pustu se-Kalteng, juga akan digelar secara serentak pemberian imunisasi campak rubella,” ujarnya.

    Endang mengatakan, pemberian imunisasi secara serentak itu menyasar seluruh anak yang berusia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. Untuk mensukseskannya, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran telah menerbitkan surat edaran (SE).
“Setelah kampanye itu selesai, maka pemberian imunisasi campak rubella dimasukkan ke jadwal imunisasi rutin. Nantinya akan diberikan pada anak usia 9 bulan dan 18 bulan, serta kelas 1 sekolah dasar (SD) melalui program bulan imunisasi anak sekolah (BIAS),” beber dia.
Beberapa persiapan dan strategi yang telah dipersiapkan agar kampanye pemberian imunisasi campak rubella ini sukses, yakni melakukan pertemuan advokasi dan sosialisasi dengan mengundang pemerintah kabupaten/kota, LP/LS serta organisasi pemerintahan terkait tingkat provinsi.
Pertemuan dan workshop petugas imunisasi dalam rangka persiapan imunisasi campak rubella dinkes kabupaten/kota serta LP/SL di lingkungan pemerintah provinsi.
Selain itu, membuat surat edaran Kepala Dinas Provinsi Kalteng yang bertujuan mengingatkan kembali kabupaten/kota, serta mohon dukungan dari LP/LS terkait.
“Kita juga sudah menyusun mikro planning ataupun perencanaan kegiatan, dan banyak program lain yang telah dan akan dilaksanakan. Itu demi pemberian imunisasi campak rubella benar-benar terlaksana dan sukses di Kalteng,” demikian Endang.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =