83 Persen Pemda Di Sultra Raih WTP

     Kendari,jurnalsumatra.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Teguh Setyabudi, mengatakan, 83 persen pemerintah daerah (pemda) di wilayah itu sudah meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keungan (BPK).
“Dengan presentase itu maka kita sudah berada di atas rata-rata target nasional yakni 70 persen pemda di Indonesia sudah WTP,” katanya di Kendari, Rabu.
Bahkan, kata Teguh, pemerintah pusat menargetkan pada 2019 semua pemda di Indonedia sudah meraih predikat WTP.
“Dari 17 pemerintah kabupaten maupun kota dan pemerintah provinsi(Pemprov) Sultra, tinggal tiga daerah belum capai WTP yakni Kabupaten Konawe Kepulauan, Kolaka Timur dan Buton Selatan,” katanya.

Tiga daerah itu, menurut Teguh, baru meraih opini wajar dengan pengecualian (WDP) dari BPK terhadap laporan hasil pemeriksaan LKPD masing-masing tahun anggaran 2017.
Sedangkan yang sudah meraih WTP kata dia, adalah Pemprov Sultra sudah beberapa tahun berturut-turut, kemudian Kota Kendari, Kota Baubau, Buton, Wakatobi, Konawe, Kolaka Utara, Kolaka, Muna, Muna Barat, Bombana, Konawe Selatan.
“Sedangkan daerah yang baru perdana meraih opini WTP adalah Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Buton Utara dan Kabupaten Buton Tengah,” katanya.
Teguh berharap seluruh pemda di Sultra bisa meraih opini WTP terhadap LHP LKPD 2018 yang akan ada hasilnya pada 2019.(anjas)

Leave a Reply