Bone Bolango Segera Bangun Stadion Olahraga Berstandar Nasional

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo segera membangun stadion olahraga yang bertaraf nasional dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

  Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Senin, mengatakan stadion yang akan dibangun di Desa Bulotalangi Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango itu, pekerjaannya dimulai pada tahun 2019 ini.

  “Pembangunan stadion Bone Bolango ini merupakan salah satu karya kita di daerah. Karena ada beberapa catatan di Bone Bolango, misalnya fasilitas olahraga yang belum memenuhi standar nasional apalagi internasional,” ujarnya.

  Menurut Hamim, di Bone Bolango saat ini, yang ada hanya lapangan-lapangan saja dan sudah dipasang lampu penerang sehingga bisa main pada malam hari untuk sepak bola.

  “Insya Allah tahun ini stadion tersebut bisa kita wujudkan agar memiliki stadion yang layak,” ucap Hamim.

  Hamim menyebutkan, dipilihnya Desa Bulotalangi Kecamatan Bulango Timur sebagai lokasi pembangunan stadion Bone Bolango itu, karena lokasinya tidak jauh dari Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

  Kemudian juga dekat dengan pusat pertumbuhan baru, yakni Kecamatan Tilongkabila yang sudah dibangun kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

  Pertimbangan lainnya adalah di ibu kota kabupaten di Kecamatan Suwawa yang jadi pusat pemerintahan, perlu sarana olahraga di area yang lebih luas, terbuka dan jauh dari fasilitas pemerintahan.

  “Untuk tahun ini, Insya Allah baru tribun, lapangan sepak bola, dan lintasannya yang bisa diselesaikan. Kelanjutannya akan dianggarkan lagi pada APBD tahun 2020 nanti, sehingga pada tahun depan kita sudah punya stadion memenuhi standar nasional,” pungkasnya. (anjas)