Abdul Gani Juarai Etape 2 TDS 2017

     Siak, jurnalsumatra.com – Pebalap nasional asal tim KFC Cycling Team Jakarta, Abdul Gani, berhasil menjuarai etape 2 Tour de Siak (TDS) 2017 di Riau setelah menempuh rute Siak-Sungai Apit sepanjang 115,45 kilometer, Kamis.
Di urutan kedua menyusul pebalap nomor punggung 102 Aiman Cahyadi dari tim Sapura Cycling Team. Posisi ketiga direbut Muhammad Imam Arifin yang juga dari tim KFC Cycling Team.
“Pada etape II ini tingkat kompetisi lebih ketat karena mereka selalu berada satu gerombolan, baik pada rute Siak – Sungai Apit ataupun menuju kembali ke kota Siak,” kata Race Director Tour de Siak 2017, Sondi Sompurno usai pengumuman pemenang di Siak.
Dia mengatakan, dari awal star hingga kota Sungai Apit pembalap berada dalam satu gerombolan besar, meskipun ada yang mencoba memisahkan diri namun kembali tertangkap.
Sekembalinya dari rute Sungai Apit menuju kota Siak pebalap masih tetap dalam satu kelompok besar hingga 20 kilometer menuju garis finis baru ada yang terpecah.
Bahkan mereka masuk garis finis secara rombongan besar dengan catatan waktu sama yakni 2 jam 40 menit 25 detik.
Fatahilah Abdullah United Bike Kencana, Bernard Benyamin Van Aert tim Bumi Siak Pusako (BSP), Abdul Gani KFC Cycling Team dan Sofian Nabil Omar berhasil leading di intermediate sprint pertama di kilometer 54,89.
Pebalap Aiman Cahyadi tim Sapura Cycling Team asal Malaysia pun berhasil mempertahankan “Yellow Jersey” nya karena mencatat waktu terbaik selama dua etape. Kemudian “Green Jersey” pada etape dua ini direbut Bernard Benyamin Van Aert asal BSP.
Sondi Sompurno mengatakan, di arena balap beberapa pebalap ada yang mengalami kecelakaan karena kondisi jalanan yang licin, namun mereka tetap melanjutkan pertandingan hingga finis.
“Meskipun kondisi jalan agak sedikit sempit, dan beberapa diantaranya ada yang mengalami kecelakaan namun mereka tetap bertanding dan mengejar gerombolan,” ungkap dia.
Sondi juga berharap tingkat keamanan bisa lebih ditingkatkan lagi dikarenakan pada etape 1 rute Siak-Dayun sepanjang 154,18 km yang berlangsung Rabu (29/11) ada delapan pebalap mengalami cedera lantaran bersenggolan dengan kendaraan.
“Itu sudah hal yang biasa, tetapi keamanan perlu ditingkatkan lagi, mudah-mudahan besok tidak ada kejadian serupa,” tuturnya.(anjas)

Leave a Reply