Aceh Besar Efektifkan Pembinaan Atlet PORA

     Aceh Besar, jurnalsumatra.com – Kontingen tuan rumah Aceh Besar mengefektifkan persiapan dan pembinaan atlet semua cabang olahraga dalam tiga bulan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII/2018.
Ketua Harian Panitia Pusat PORA Aceh Besar, Ridwan Jamil kepada wartawan di Aceh Besar, Jumat malam menyatakan, hal itu dilakukan
agar pada sat PORA para atlet benar-benar siap bertanding.
Hal itu sudah disampaikan pada para pelatih semua cabang olahraga
di Sekretariat PP PORA di Gampong (desa) Gani, Kecamatan Ingin Jaya.
PORA  yang akan berlangsung 18 – 25 November 2018 di Aceh Besar mempertandingkan 29 cabang olahraga yaitu atletik, anggar, angkat besi, arung jeuram, balap sepeda, bermotor, bulutangkis, bola voli, catur.
Dayung, drum band, futsal, karate, kempo, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencat silat, renang, sepakbola, sepak takraw, selam, tarung derajat, taekwondo, tenis meja, tenis lapangan, tinju dan basket.
Ia menyebutkan, Aceh Besar sebagai tuan rumah telah menyiapkan 458 atlet dari semua cabang olahraga yang dipertandingkan. Para atlet sudah menjalani persiapan setahun lebih melalui pemusatan latihan berjalan.
“Kita sudah minta kepada para pelatih untuk benar-benar fokus melakukan pembinaan, sehingga sisa waktu tiga bulan ini bisa efektif meningkatkan prestasi atlet,” ujarnya.

Katanya, Aceh Besar tidak hanya memacu pembangunan venue (tempat pertandingan) dan sarana pendukung lainnya bisa rampung sesuai waktu yang ditargetkan, akan tetapi juga mengenjot pembinaan atlet secara intensif.
Kecuali itu, ungkapnya, untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi, atlet semua cabang olahraga diberikan kesempatan melakukan try-out (ujicoba), seperti atlet tarung derajat yang sudah melakukan try-out ke Medan dan tinju ke Batam.
Sebutnya, ada empat target yang ingin dicapai Aceh Besar sebagai tuan rumah PORA yakni sukses sebagai penyelenggara, prestasi, adiminstrasi dan mendongkrak ekonomi rakyat.
“Target kita sukses prestasi sebagai tuan rumah adalah meraih juara umum,” tegas Ridwan Jamil yang juga Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan olahraga (Kadisparpora) Aceh Besar ini.
Sementara itu, dalam pertemuan dengan para pelatih, Ridwan juga berharap komunikasi para atlet, pelatih dan PP PORA tidak terputus.
“Kalau bisa pertemuan semacam ini kita lakukan setiap bulan menjelang PORA,” imbuhnya.
Dalam kesempatan sama, Sekretaris PP PORA, T Dasya K Putra, mengatakan, untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan para atlet yang telah menjalani pembinaan selama ini, pihaknya akan melakukan tes fisik terhadap atlet selama sehari, bertempat di stadion mini Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam, Minggu (29/7).
Dahsya menyebutkan, bentuk tes fisik yang dilakukan kepada atlet disesuaikan dengan masing-masing cabang olahraga. “Setelah tes fisik, selanjutnya dilakukan evaluasi secara menyeluruh,” jelasnya.
Sebelumnya, 16 Agustus tahun lalu di awal-awal kegiatan pembinaan, para atlet juga telah menjalani tes fisik dan kebugaran jasmani.(anjas)

Leave a Reply