ACT Berangkatkan Enam Truk Kemanusiaan Ke Palu

     Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Lembaga filantropi Islam Aksi Cepat Tanggap (ACT) Daerah Istimewa Yogyakarta memberangkatkan enam truk kemanusiaan menuju Palu, Sulawesi Tengah, Jumat.
Enam truk yang membawa bantuan logistik berupa bahan pokok, kebutuhan sanitasi, serta pakaian itu dilepas oleh Kepala Cabang ACT DIY Agus Budi Hariyadi bersama Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Fathul Wahid dari halaman Kampus UII, Jalan Kaliurang.
“Ini merupakan bentuk respon cepat kami. Kami ingin secepatnya mengirimkan bantuan dan memastikan stok logistik yang ada di posko induk kami di Palu terpenuhi,” kata Agus Budi Hariyadi.
Menurut Agus, truk kemanusiaan pertama ACT yang diberangkatkan dari Yogyakarta bekerja sama dengan UII itu akan menempuh jalur darat menuju pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
Setibanya di pelabuhan nantinya akan bertemu dengan truk-truk kemanusiaan ACT lainnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Nanti juga akan ada 1.000 ton beras yang berasal dari Lumbung Pangan Wakaf di Blora, Jawa Tengah,” kata dia.

    Selanjutnya, setelah bertolak dari Surabaya, menurut Agus, truk bermuatan bantuan logistik yang bersal dari beberapa wilayah tersebut akan diangkut menggunakan kapal TNI Angkatan Laut (AL) menuju Palu.
Digunakannya kapal militer untuk mengangkut logistik karena kondisi darurat serta pelabuhan di Palu yang masih rusak.
“Diperkirakan bantuan logistik akan sampai di posko utama di Palu setelah menempuh tiga hari perjalanan laut,” kata dia.
Sementara itu, Rektor UII Fathul Wahid berharap bantuan logistik tersebut bukan merupakan bantuan yang pertama dan terakhir. Selain mendukung bantuan bersama ACT, UII sebelumnya telah mengirimkan tim medis dan tim Mapala UII untuk membantu proses evakuasi korban.
“Mudah-mudahan bantuan ini bisa menjadi tanda cinta sekaligus menjadi bukti besarnya rasa persaudaraan kita terhadap saudara-saudara di Palu dan Donggala,” kata Wahid.(anjas)

Leave a Reply