ACT Sulsel Terima Bantuan Dana Tunai Untuk Korban Tsunami

    Makassar, jurnalsumatra.com – Lembaga Filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima bantuan dana tunai dari yayasan Masjid Al Markaz Al Islami sebesar Rp35,6 juta untuk bantuan bagi korban bencana tsunami di Selat Sunda.
“Alhamdulillah, sumbangan masih terus mengalir dari saudara-saudara kita dan hari ini kami menerima bantuan dari masjid Al Markaz Al Islami untuk diteruskan ke saudara kita yang menjadi korban,” ujar Ketua Cabang ACT Sulsel, Syahrul Mubaraq di Makassar, Selasa.
Ia mengatakan bantuan berupa dana tunai sebesar Rp35,6 juta diserahkan langsung oleh bendahara masjid Al Markaz Al Islami, Asni Tayeb untuk diteruskan kepada para korban bencana tsunami.
Ia menyatakan bantuan dana tunai itu merupakan hasil sumbangan dari para jamaah yang diinisiasi oleh Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Masjid Al Markaz Al Islami Makassar KH Prof Jalaluddin Rakhmat.

     “Tingginya kepedulian dari masyarakat sehingga bantuan terus berdatangan. Di Al Markaz, Ketua BPH KH Prof Jalaluddin Rakhmat memimpin langsung penggalangan sumbangan untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban,” terangnya.
Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho merilis data terbaru, korban di selat Sunda tercatat sebanyak 429 orang meninggal, 1.485 orang luka-luka, 154 orang hilang, 16.082 orang mengungsi
Data kerugian materiil terkait peristiwa tsunami Selat Sunda terus bertambah yakni sebanyak 882 rumah rusak, 73 penginapan rusak dan 60 warung rusak.
Selain itu, ada 434 unit perahu dan kapal rusak, 24 kendaraan roda empat rusak, 41 kendaraan roda dua rusak, satu dermaga rusak, dan satu shelter mengalami kerusakan.
Sutopo menyebut daerah yang paling parah terdampak tsunami Selat Sunda berada di Kabupaten Pandeglang. Tercatat 290 orang meninggal dunia, 1.143 luka-luka, 77 orang hilang, 14.395 orang mengungsi.(anjas)

Leave a Reply