Akhirnya Dana Hibah OKI Makan Korban

Palembang,  jurnalsumatra.com – Layaknya pribahasa masyakat Palembang dengan kata selawe seringgit. Perkara Dana Hibah 2013 yang diduga melibatkan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki kala masih menjabat bupati OKI akhirnya makan korban.

Setelah kasus dana Hibah Propinsi Sumsel dengan narapidananya Laonma Tobing dan Ikhwanudin telah divonis PN Palembang masing masing 4,5 tahun dan 5 tahun kurungan, kini empay mantan pejabat Pemkab OKI jugan ditahan oleh Kejati Sumsel, Kamis (7/12/2017).

“Keempat orang tersebut ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Palembang selama 20 hari dan bisa diperpanjang sampai enam bulan sesuai kebutuhan pembuktian persidangan. Ini dilakukan untuk mempermudah dalam proses pemeriksaan terhadap keempatnya,” kata Humas Kejati Sumsel, Hotma Hutajulu SH.

Dijelaskan, kasus ini berawal dari laporan masyarakat dan LSM adanya dugaan aliran dana yang terdapat ketimpangan pelaporan dana hibah, berawal itu, tim melakukan penyidikan hingga mengarah pada keempat tersangka ini.

Penahanan ini dikuatkan dengan testimony Kasi Penyidikan bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumsel, Hendriyanto.

Hendriyanto membenarkan penahanan terhadap keempat tersangka dugaan korupsi dana hibah Kabupaten OKI tahun anggaran 2013. “Iya mas, saya masih mengantar tahanan dan proses administrasi di Rutan Klas I Palembang,” tuturnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − one =