Alat Barat Milik Pemda Terbakar Saat PK Ketiduran

PALI, Sumsel, jurnalsumatra.com – Alat berat jenis Geleder milik Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terbakar pada bagian mesinnya, saat tidak di oprasikan dalam mengerjakan pembanguan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM), di Desa Talang Akar Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.

Dari informasi yang diperoleh dari tempat kejadian di lapangan, kejadian tersebut terjadi pada Jumat dini hari (31/8/2018) sekitar pukul 2.00 WIB. Saat itu alat berat yang terpakir di depan halaman rumah Penjaga Keamanan (PK) nya dari alat tersebut. Menurut keterang PK, Miki Andrio (25) warga dusun II Desa Talang Akar, saat kejadian dirinya tengah tertidur lantaran kurang sehat badan

“Saat itu ada warga yang melintas pulang kerja, langsung manggil-manggil karna ada api di alat berat ini. Selanjutnya saya meminta bantuan warga lainnya untuk memadamkan api tersebut dengan menggunakan air dan pasir. Berselang satu setengah jam badu api dapat kami taklukan.” jelasnya Jumat (31/8/2018)

Selain itu, Miki juga menjelaskan kalu mejaga alat berat itu Ia tidak sendirian melinkan berdua dengan temanya, secara bergatian, dan malam kejadian jadwal dirinya, lantaran kurang sehat, Ia tingalkan tidur, bisanya dirinya mejaga semalaman di atas alat berat dan tidak pernah di tinggal tidur. Ia juga mengtkan belum diketahui pasti api tersebut berasal dari mana, atau karena konsleting perapian alat berat tersebut, ataupun sengaja dibakar oleh oknum yang tak berangung jawab.

“Aku jaga alat ini tidak sendirian berdua, dan malam tadi memang jata aku yang jago, dan dak perah kami tingalke tidok, semalam aku dak lemak badan makonyo aku ketifuran,  untuk yang terbakar seluruhnya bagian mesin dan bagian operator atau pengemudinya. Sempat ada ledakan dari aki alat tersebut. Alat ini suda 11 sebelas hari dimalamkan disini, karena sedang mengerjakan jalan arah perbatasan PALI di Desa Talang Akar ini.” jelasnya

Sementara, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SH SIK MH, melalui Lakhar Kapolsek Talang ubi IPTU Roni Hermawan, yang disampaikan oleh Katim Elang polsek talang ubi Aipda Hairil Rozi, pihaknya masih melakukan penyidikan terkait kejadian tersebut.

“kita masih mencari keterangan dari saksi dan menyelidiki apa penyebab dari terbakarnya alat milik PUBM atau pemda PALI ini. Bdlum dikstaui apa penyebabnya.” Pungkasnya(aba)

Leave a Reply