Alek Pacu Jawi Sudah Menjadai Hiburan Masyarakat Setempat

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Alek Pacu Jawi sudah menjadi agenda tetap dan kalender tahunan pariwisata di Kabupaten Tanah Datar. Pacu jawi sudah menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat dan menjadi buruan bagi pencinta fotography baik dalam maupun luar negeri.

Kali ini alek pacu jawi atau pesta rakyat balapan sapi dalam genangan air di areal persawahan itu menjadi salah satu agenda pada ajang Festival Pesona Minangkabau tahun 2019 dan Nagari Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab selaku tuan rumah.

Ketua Panitia Pelaksana Amiruddin Dt. Makhudum Sati mengatakan Sabtu (7/12/2019), jika saat ini Kampuang Bendang Nagari Sungai Tarab menjadi tuan rumah, dan ini sudah menjadi kesepakatan dari empat kecamatan di Tanah Datar yang sudah memiliki kalender tetap pacu jawi, yaitu Kecamatan Lima Kaum, Sungai Tarab, Pariangan dan Rambatan.

“Setelah didapati kesepakatan untuk pelaksanaan pacu jawi ini, maka kami upayakan segera memperbaiki tali bandar yang akan mengairi arena pacuan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Amiruddin juga meminta kepada pemerintah daerah agar tali bandar dapat diperbaiki sebaik mungkin, selain itu selaku panitia, Ia juga mohon bantuan tenda karena tenda yang dipakai saat ini merupakan tenda yang dipergilirkan ke setiap kecamatan yang akan melaksanakan pacu jawi.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah agar dapat memberikan bantuan tenda untuk masing-masing kecamatan, sehingga tidak perlu lagi menjemput tenda jika akan melaksanakan alek anak nagari pacu jawi ini,” tambahnya.

Amiruddin akui jika alek pacu jawi ini selain hiburan bagi masyarakat, juga dapat meningkatkan perekonomian karena banyaknya masyarakat yang berdagang, sarana parkir dan juga banyaknya wisatawan yang datang.

Sementara itu Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Abdul Hakim menyampaikan jika alek pacu jawi ini sudah merupakan kalender pariwisata dan saat ini merupakan rangkaian dari event Festival Pesona Minangkabau 2019.

Hakim menyebut jika Festival Pesona Minangkau Tanah Datar juga sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai kalender event nasional. Dan untuk kalender event tahun 2020 di Tanah Datar sendiri direncanakan Januari 2020 sudah keluar.

“Festival Pesona Minangkabau hanya ada di Tanah Datar dan ini sudah diakui secara nasional, ini bertujuan untuk melestarikan budaya. Salah satu dari 16 event yang digelar pada festival ini yaitunya pacu jawi,” ucapnya.

Terkait permintaan tenda dari panitia, disampaikannya jika itu sudah disiapkan tahun ini untuk satu tenda dan tahun 2020 juga sudah dianggarkan satu tenda, sehingga ke depan masing-masing kecamatan diharapkan memiliki tenda.

Turut hadir pada saat alek pacu jawi tersebut Camat Sungai Tarab Afrizal, Forkopimca, Wali Nagari se- Kecamatan Sungai Tarab, KAN, Tokoh Masyarakat, Pengurus Porwi dan undangan lainnya. (Myt)